Pangandaran Punya Cerita Seru Nih, Soal Tempat Mandi Dewi Rengganis

Pangandaran Punya Cerita Seru
Aliran sungai di Green Canyon menuju Gua Rengganis. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Kabupaten Pangandaran emang terkenal banget, bro, sama keindahan alamnya yang gokil abis! Tapi tau gak, di balik itu semua, Pangandaran punya cerita seru banget. Salah satunya ada mata air keren namanya Cirengganis.

Katanya, dulu tuh mata air Cirengganis ini tempat mandi Dewi Rengganis, istri Prabu Anggalarang, jaman kerajaan Galuh Pangauban.

Lokasinya ada di Taman Wisata Alam Pananjung, Pangandaran, deket banget dari pintu masuk Cagar Alam di sisi timur.

Untuk nyampe ke Gua Rengganis, kita harus trekking sebentar melewati hutan yang asri, tapi enggak jauh sih. Nah, katanya juga kalo kamu pengen muda terus, bisa coba deh cuci muka di mata air yang dianggap suci ini.

BACA JUGA: Melihat Keindahan Laut Lepas Pangandaran Dari Glamping Karapyak

Setelah Kerajaan Galuh Pangauban udah berakhir, mata air Dewi Rengganis ini jadi rebutan. Terutama, buat orang-orang yang dateng ke Cagar Alam Pangandaran.

Bahkan ada yang sengaja datang kesini cuma buat nyoba airnya dan berharap bisa keliatan muda selamanya!

Gak cuma turis biasa, artis, penyanyi, dan orang terkenal juga pada ke sini buat mandi atau cuci muka.

Mata Air Gua Rengganis

Bambang, pengelola Cagar Alam Pangandaran, bilang banyak yang percaya kalo mata air Gua Rengganis bisa bikin kita awet muda.

Kayaknya sih asal usul mata air ini dari sungai di atas bukit yang masuk ke dalam gua. Terus keluar lagi dari bawah melalui tanah. Konon, di dalam gua Cirengganis ada 4 air terjun loh!

BACA JUGA: Brillo Pizza, Jajanan Italia di Pangandaran yang jadi Buruan Wisatawan

Menurut Bambang, ada beberapa orang yang berhasil masuk ke dalam gua ini, tapi gak sembarang orang bisa masuk.

Katanya kepercayaan kalo mata air gua ini bisa bikin muda udah lama banget ada.

Mereka bilang, Dewi Rengganis cantiknya ada hubungannya sama air mata yang dulu disebut Sindang Kahuripan atau Goa Pananjung gitu.

Selain bikin muda, air Cirengganis juga kandungan sulfur yang tinggi. Nah, kandungan sulfur ini katanya bagus buat kulit, bikin halus gitu. Ada juga zat kafur belerang yang bagus buat kulit di airnya.

BACA JUGA: Panduan Masuk ke Aquarium Indonesia Pangandaran, Ini Harga Tiketnya

Tempat Syuting Film

Meskipun secara mistis banyak yang percaya kalo air Cirengganis bisa bikin kita awet muda, ada juga yang anggap cerita aja sih.

Bambang bilang kalo selain mistis, banyak penyanyi dangdut dan artis yang suka dateng ke sini buat nyobain airnya karena tempatnya yang indah banget.

Beberapa film juga pernah diambil di sini, jadi banyak yang tertarik dateng.

Gua Cirengganis ini panjangnya sekitar 120 meter dan di dalamnya ada air terjun-terjun yang terasering gitu, dengan lebar gua Sekitar 3-5 meter.

BACA JUGA: Wisatawan Terseret Ombak Pantai Pangandaran Belum Ditemukan

Wah, keren banget kan?

Jadi, kalo kamu mau coba ke tempat yang keren dan katanya bisa bikin awet muda, Gua Rengganis di Pangandaran harus banget masuk dalam daftar destinasi kamu.

Trekking sebentar di hutan yang sejuk, mandi di mata air yang diyakini suci, dan menikmati keindahan gua yang nggak biasa. Pasti bakal jadi pengalaman seru abis, bro!

Konon bisa bikin awet muda

Oh iya, gak cuma buat muda-mudaan aja, loh. Banyak orang juga percaya kalo tempat ini bisa bikin harapan mereka jadi kenyataan. Kayaknya sih kepercayaan orang beda-beda ya.

BACA JUGA: Kini, Aquarium Indonesia Pangandaran Sudah Bisa Dikunjungi, Ini Jam Bukanya

Ada yang percaya, ada yang mikir kalo cuma cerita dari budaya aja.

Jadi, kalo kamu penasaran, nggak ada salahnya nyobain sendiri, kan? Mungkin aja kamu bisa dapetin manfaat yang luar biasa dari air Cirengganis ini.

Siapa tau kulitmu jadi lebih halus, awet muda, atau bahkan impianmu jadi nyata. Selagi menikmati keindahan alam Pangandaran, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan, ya!

Begitulah, Pangandaran punya cerita seru  di balik keindahan alamnya. Yuk, jadi bagian dari petualangan itu dan eksplorasi Gua Rengganis yang bikin penasaran! ***

Pos terkait