Panduan Masuk ke Aquarium Indonesia Pangandaran, Ini Harga Tiketnya

Pangandaran
Orang-orang menyaksikan beragam ikan di aquarium. Foto: Dok.Pixabay.com

TURISIAN.com – Wisatawan yang ingin menghabiskan tahun baru di kawasan pantai ini akhirnya bisa mengunjungi Aquarium Indonesia Pangandaran (AIP).

Sebuah wisata edukasi akuarium yang baru saja buka dengan segala kemegahannya.

Selain menyaksikan ikan di balik kolam cekung yang membentang sepanjang 47 meter. Pengunjung juga bisa menyentuh biota laut secara langsung hingga belajar sejarah kekayaan Nusantara.

Tidak hanya itu, Aquarium Indonesia Pangandaran juga diklaim sebagai jendela akuarium terbesar di Indonesia yang membentang sepanjang 33 meter.

Apabila berencana untuk mampir, berikut panduan lengkap wisata ke destinasi ini yang perlu kamu ketahui.

BACA JUGA: Kini, Aquarium Indonesia Pangandaran Sudah Bisa Dikunjungi, Ini Jam Bukanya

Tiket masuk  dan jam buka

Marketing Aquarium Indonesia Pangandaran Ahmad Syaf’i Lubis mengatakan harga tiket masuk saat ini hingga 15 Januari 2023 yaitu Rp 50.000 per orang.

Setelahnya, harga tiket normal pada hari kerja yaitu Rp 40.000, sedangkan Rp 50.000 khusus harga tiket untuk akhir pekan dan libur nasional.

Lokasi spot wisata ada di daerah Babakan, Pangandaran, Jawa Barat. Pengunjung dapat menuju ke lokasi menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

BACA JUGA: Menikmati Ketenangan di Pantai Karang Nini Pangandaran

Khusus untuk transportasi umum, ada dua opsi kendaran umum terdekat menuju ke lokasi tersebut, yakni kereta api dan bus.

Apabila menaiki kereta api, pengunjung dapat berhenti di Stasiun Sidareja dan Stasiun Banjar.

Sedangkan apabila naik bus, pengujung dapat berhenti di lokasi sebelum sampai di Terminal Besar Pangandaran.

Aktivitas di Aquarium

Sedikitnya, ada lima aktivitas seru yang bisa dilakukan di objek wisata ini. Saat memasuki gedung, pengunjung akan disuguhkan pemandangan akuarium tematik.

Ini mobil yang didesain sedemikian rupa hingga memungkinkan diisi air dan ikan layaknya sebuah akuarium.

Setelahnya pengunjung dapat berpindah ke area schooling fish. Di sini pengunjung dapat melihat ikan yang berenang searah di dalam tangku silinder setinggi tujuh meter dan diameter lima meter.

BACA JUGA: Pantai Pangandaran Dipadati Pengunjung, Ada Pan Asia Hash

Selain melihat ikan, di  juga ada museum yang membahas tentang sejarah kekayaan Nusantara. Di sini pengunjung dapat melihat berbagai barang-barang purbakala serta mempelajari sejarah Indonesia.

Bagi pengunjung yang ingin menyentuh aneka biota laut di sini dapat menuju area touch pool atau kolam sentuh.

Beberapa biota laut yang ada di sini yaitu bintang laut, teripang, timun laut, dan penyu.Setelahnya pengujung bisa beralih ke area utama, yaitu area akuarium cekung berukuran besar.

Jika berencana mampir, sebaiknya tiba di lokasi pada pagi hari agar bisa sekalian menyaksikan matahari terbit.

Sebagai opsi, pengunjung juga bisa menginap di beberapa penginapan terdekat dari Aquarium Indonesia Pangandaran atau dekat pantai Pangandaran supaya tidak ketinggalan momen matahari terbit.

Oleh oleh yang dapat dibeli

Gedung Aquarium Indonesia Pangandaran berada dekat dengan tepi pantai. Pengunjung bisa mampir ke area pantai untuk membeli oleh-oleh

Beberapa oleh-oleh khas Pangandaran yang bisa dibeli di sekitarnya seperti ikan laut segar, olahan udang dan keong laut, serta aksesori pantai. ***

Sumber: Kompas.com

Pos terkait