Istana Merdeka Jakarta akan Menampilkan Gemilang Batik Nusantara

Istana Merdeka Jakarta
Para model yang akan tampil dalam peragaan busana Istana Berbatik di Istana Merdeka Jakarta, Minggu 1 Oktober 2023. (Instagram/@putri_k_wardani209's profile picture putri_k_wardani209)

TURISIAN.com – Selama malam gemilang di Istana Merdeka Jakarta, peragaan busana Istana Berbatik berhasil memukau hadirin dengan berbagai koleksi yang memikat.  Koleksi batik tersebut berasal dari  tujuh kerajaan terkemuka di Nusantara.

Acara yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini merupakan bagian integral dari peringatan Hari Batik Nasional 2023.

Peragaan batik tersebut akan dimulai pada, Minggu 1 Oktober 2023 di  halaman Istana Merdeka Jakarta pada tanggal 1 Oktober.

“Kami dengan bangga mengundang tujuh kerajaan terhormat. Termasuk Solo, Yogyakarta, Sumenep, Gowa, dan Cirebon, untuk menghadirkan koleksi batik yang menakjubkan,” ujar Landi Rizaldi, Direktur Utama Jakarta Experience Board, saat persiapan geladi resik Istana Berbatik, Jumat 29 September 2023.

BACA JUGA: Batik Air Luncurkan Rute Makassar-Merauke, Tawarkan Petualangan di Timur Indonesia

Event ini sendiri  digelar dalam rangka menyambut  perayaan Hari Batik yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Tetapi karena bertepatan dengan hari Senin, perhelatan ini telah dimajukan menjadi hari Minggu.

Konsep acara ini, seperti yang diungkapkan oleh Landi, mengusung gaya street fashion yang memukau. Menjadikannya sebagai peragaan yang tak terlupakan yang digelar di halaman megah Istana Merdeka Jakarta.

“Kami ingin menggambarkan kehebatan Istana ini, sehingga kami menghias panggung dengan cahaya-lampu yang mempesona dan mengadopsi teknologi LED untuk catwalk,” ungkapnya.

BACA JUGA: HUT Etnura Tampilkan Puluhan Desainer Nasional Dalam Balutan Batik Pesisiran

Model-model Terkemuka

Dalam upaya untuk merangkul keanekaragaman budaya batik Nusantara, penyelenggara membagi para peserta peraga busana menjadi sembilan grup. Masing-masing menampilkan keunikan batik dari berbagai daerah.

Tidak hanya memeriahkan acara dengan kehadiran model-model terkemuka dari kalangan pejabat negara. Namun penyelenggara juga menghadirkan selebritas, penggiat sosial, dan olahragawan yang berbakat.

Selain peragaan busana yang memukau, Istana Berbatik juga memanjakan hadirin dengan hiburan eksklusif yang dipersembahkan oleh deretan seniman ibu kota.

BACA JUGA: Batik Lokal Aceh Tampil di Event Nagan Raya Expo 2023

Di antara mereka adalah penyanyi ternama seperti Sri Rossa Roslaina Handiyani, Fadli dari Padi Reborn, dan sejumlah bintang lainnya.

Oleh karenanya,  perayaan semacam ini diharapkan masyarakat semakin meningkatkan apresiasi terhadap budaya batik yang begitu berharga bagi bangsa Indonesia.

Sementara itu, Ahli Utama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Nia Niscaya, dalam keterangannya, menyatakan bahwa Istana Berbatik merupakan wujud perayaan Hari Batik Nasional.

BACA JUGA: Batik Habangka Akhirnya Lolos ke Ajang API, Gini Ceritanya

Dimana, selalu diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Dan event ini lebih dari sekadar perayaan lokal, namun menjadi momen penting untuk mempromosikan keindahan batik Indonesia ke seluruh dunia.

“Sejarah batik sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia telah diakui oleh UNESCO dalam sidang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Yakni, melalui sidang Intergovernmental Committee for the Safeguard of the Intangible Cultural Heritage pada tanggal 2 Oktober 2009,” tambahnya.

BACA JUGA: Wisata di Tepi Jalur Pantura Ini Menawarkan Ragam Motif Batik

Tidak hanya menjadi sorotan nasional, kegiatan ini juga akan diramaikan oleh kehadiran Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara.

Termasuk, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta Ibu, jajaran Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju, Duta Besar dari negara sahabat, hingga Keluarga Keraton.

Dengan begitu, Istana Berbatik menjadi peristiwa yang tak terlupakan dalam perjalanan budaya dan warisan Indonesia. ***

Pos terkait