Batik Habangka Akhirnya Lolos ke Ajang API, Gini Ceritanya

Batik Habangka
Ilustrasi. Proses pembuatan batik tulis. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.comSobat Turisian, kalian udah dengerin berita tentang Batik Habangka dari Kabupaten Bangka Selatan belum?

Kabarnya nih, Batik Habangka baru-baru ini berhasil lolos di ajang Apresiasi Kreasi Indonesia 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Keren banget kan!

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga, Firmansyah, hari ini, Selasa 9 Mei 2023 bilang bahwa ini kesempatan yang oke banget buat para pelaku ekonomi kreatif.

Khususnya, buat ngembangin jaringan dan kerjasama. Gak cuma itu aja, para pelaku ekonomi kreatif yang terpilih juga bisa ikutan pameran dan memamerkan produk ekonomi kreatif unggulan mereka. Asik banget, kan!

BACA JUGA: Indahnya Pesona Alam Danau Pading Bangka Tengah

Nah, kalau kalian belum tau, Batik Habangka itu sendiri tuh produk ekonomi kreatif yang terus didorong oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

Setidaknya, untuk terus berkembang dan menciptakan kreatifitas baru. Gak heran sih kalau Batik Habangka bisa bersaing sama produk-produk daerah lainnya.

Menurut si Firmansyah, para peserta juga akan difasilitasi buat mengikuti bootcamp selama tiga hari dan pameran yang diadakan di beberapa kota.

Fasilitas ini diberikan buat meningkatkan kapasitas dan kualitas para pelaku ekonomi kreatif, supaya bisa jadi pelaku usaha yang lebih berkualitas dan berdaya saing. Mantap, ya!

BACA JUGA: Liburan dulu di Pantai Batu Kapur Bangka Selatan!

Cara Bikin Motif Batiknya

Gimana sih cara bikin Batik Habangka ini? Nah, Batik Habangka dibuat dengan kombinasi teknik wax-resist dyeing sama hand-drawn motifs.

Jadi, sebelum dicelupin warna, motifnya dibuat dulu pake malam atau wax. Nah, bagian-bagian yang di-cover sama wax gak akan kedap air.

Jadi setelah dicelupin warna, warnanya gak masuk ke bagian yang di-cover sama wax tadi. Keren, kan?

BACA JUGA: Benteng Toboali, Peninggalan Bersejarah di Tanah Bangka yang Dibangun 1825

Kalau kalian mau coba bikin  sendiri, kalian bisa pelajari teknik wax-resist dyeing dan bikin motif yang unik dan kreatif sendiri.

Jangan lupa juga buat pake warna-warna yang cerah dan mencolok, ya! Biar hasilnya jadi keren dan menarik perhatian.

Yuk, jadi generasi kreatif dan inovatif yang bisa mengembangkan budaya Indonesia, termasuk Batik Habangka dari Kabupaten Bangka Selatan! ***

Pos terkait