Kabupaten Gunungkidul Lagi Heboh Nih, Ada Hidden Kuliner, Seperti Apa Sih?

Gunungkidul Lagi Heboh Nih
Salah satu kuliner bakmi pak Yanto yang berada di Piyaman, Gunungkidul banyak dikunjungi wisatawan. (Instagram/@bondansuryo

TURISIAN.comSobat Turisian, Kabupaten Gunungkidul lagi heboh nih! Mereka lagi promosiin destinasi wisata dan kuliner khas mereka yang belum banyak diketahui wisatawan. Dengan kampanye IniGunungkidul – The Ultimate Hidden Gem.

Kabarnya, tujuannya buat nambah daya tarik buat wisatawan maupun investor, lho!

Nah, buat kalian yang suka jalan-jalan dan makan-makan, mesti cobain lima makanan khas Gunungkidul ini deh!

1. Seafood (Lobster)

Ada lobster di Pantai Timang dan Pantai Sepanjang, yang pastinya bikin kamu ketagihan. Untuk mencapai Pantai Timang dan Pantai Sepanjang, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi.

Atau menyewa kendaraan dari pusat kota Gunungkidul. Rute yang harus dilewati adalah Jalan Wonosari-Panggang-Karangasem-Pantai Timang atau Jalan Baron-Pantai Sepanjang.

Tiket masuk ke Pantai Timang sekitar Rp 10.000 per orang dan tiket masuk ke Pantai Sepanjang sekitar Rp 5.000 per orang.

BACA JUGA: Selama Libur Lebaran, Dinas Pariwisata Gunungkidul Targetkan PAD 1 Miliar Lebih

2. Gatot Tiwul

Lokasi kuliner ini dapat ditemukan di berbagai pasar tradisional di wilayah Gunungkidul. Beberapa pasar yang terkenal dengan jajanan tiwulnya adalah Pasar Wonosari, Pasar Piyungan, dan Pasar Semanu.

Menuju ke lokasi ini, ada jasa angkutan umum seperti angkot. Atau bus dari kota Yogyakarta menuju pasar-pasar tersebut. Harga angkutan umum bervariasi tergantung jarak dan trayek yang dilewati.

3. Walang goreng

Kalian dapat menemukan penjual walang goreng di berbagai jalan raya atau pusat perbelanjaan di kawasan Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi kuliner ini, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi, taksi online.

Bisa juga dengan  ojek online untuk mencapai lokasi-lokasi tersebut. Harga per porsi walang goreng berkisar antara Rp 10.000 – Rp 20.000 tergantung lokasi dan penjualnya.

BACA JUGA: Pantai Watunene, Hidden Gem di Gunungkidul yang Memukau

Tempat Penginapan

4. Kampung Bakmi Jawa Piyaman

Kawasan yang menyediakan makanan khas ini dapat ditemukan di Desa Piyaman, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi ini, kamu bisa  menggunakan kendaraan pribadi.

Atau menyewa kendaraan dari pusat kota Gunungkidul. Harga per porsi bakmi jawa di Kampung Bakmi Jawa Piyaman berkisar antara Rp 15.000 – Rp 25.000 tergantung varian bakmi dan penjualnya.

5. Lombok Ijo

Pengen mencicipi kuliner ini? Gampang kok, kalian tinggal  mencari restoran atau warung yang menyajikannya di berbagai wilayah Gunungkidul.

BACA JUGA: Pantai Grigak Gunungkidul yang Memukau dengan Sajian Embung di Atas Gunung

Beberapa restoran atau warung yang terkenal dengan sajian Lombok Ijo-nya adalah Warung Makan Lombok Ijo Pak Sutarno di Jalan Wonosari-Panggang, RM Lombok Ijo Mas Tardi di Jalan Pantai Selatan Baron, dan Warung Lombok Ijo di Kecamatan Tepus.

Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi online untuk mencapai lokasi-lokasi tersebut. Harga per porsi Lombok Ijo berkisar antara Rp 20.000 – Rp 30.000 tergantung restoran atau warung yang menyajikannya.

Biar hunting kulinernya lebih nyantai, kalian bisa memilih beberapa akomodasi di sekitar kawasan ini. Beberapa di antaranya adalah Puri Indah Hotel, Raffles Villa, The Cabin Hotel, The Nava Hotel, dan masih banyak lagi. ***

Pos terkait