Indahnya Pesona Alam Danau Pading Bangka Tengah

Danau Pading
Danau Pading di Bangka Tengah, Babel. (Source: Pemkab Bangka Tengah)

TURISIAN.com – Berkunjung ke Kabupaten Bangka Tengah, Sobat Turisian wajib mampir ke Danau Pading yang menyuguhkan alam yang indah dan memanjakan mata. Pesonanya pun kian bertambah dengan latar bukit di ketinggian 677 mdpl.

Objek danau yang juga terkenal dengan nama Kulong Atap Seng tersebut berlokasi di Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian mesti menempuh perjalanan sekitar 30-40 menit dari Kota Koba, ibu kota Bangka Tengah.

Kalau Sobat Turisian berangkat dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang, menuju Danau Pading ini akan menempuh jarak sekira 80 kilometer. Dengan durasi perjalanan kurang lebih 1,5 jam. Sebelum sampai di danau ini, kalian akan melewati jalan bertanah kuning (puru) yang belum teraspal sejauh 150 meter.

Pada awalnya, kawasan Danau Pading merupakan lahan bekas penambangan pasir timah yang membentuk  kawah. Seperti danau seluas dengan hamparan pasir yang ada di sekelilingnya.

Air danau tersebut sangat jernih, Sobat Turisian bisa membuktikannya dengan berkeliling mengarungi sepanjang perairan danau. Menggunakan perahu yang dapat kalian sewa di pinggiran danau.

Baca juga: Pantiaw Khas Bangka, Olahan Inovasi Pengganti Nasi

Tampak pula latar perbukitan dan pemandangan di sekitar kawasan Danau Pading yang tampak masih alami. Dulunya danau ini hanyalah tempat bersantai dan tempat mandi para pemuda Desa Perlang. Tetapi saat ini sudah menjadi destinasi wisata yang sangat indah dan menarik untuk kalian kunjungi. Pesona akan lebih indah lagi di kala siang dan sore hari.

Fasilitas & Atraksi Wisata

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Perlang sebagai pengelola juga sudah menyediakan berbagai fasilitas pendukung untuk kenyamanan dan keamanan wisatawan. Di antaranya tempat makan, musala, gazebo untuk bersantai, toilet umum, area parkir, dan lainnya.

Selama berada di Danau Pading, Sobat Turisian bisa menikmati suasana dengan berjalan menyusuri dermaga yang terbuat dari papan. Mereka mendesainnya sedemikian rupa dengan menjorok dari tepi ke tengah danau.

Dermaga itu pun menjadi spot foto favorit pengunjung karena latarnya sangat indah berupa Bukit Pading yang terlihat begitu dekat seakan bisa kalian gapai. Selain itu, di Danau Pading juga tersedia tempat sewa kapal untuk Sobat Turisian yang mau berkeliling danau. Harga sewanya sangat terjangkau, hanya Rp10.000/orang untuk orang dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

Baca juga: Menengok Keindahan Batu Belimbing di Bangka Selatan. Hanya Ada 5 di Dunia!

Biar lebih seru lagi, Sobat Turisian bisa berkemah di dekat bibir danau. Aktivitas seru lainnya, kalian bisa hunting foto di beberapa spot foto buatan lainnya. Jamin hasilnya akan ciamik dan instagenic banget!*

Pos terkait