Luhut Pandjaitan Bocorkan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Melintasi Kertajati

Luhut Pandjaitan
Senyum gembira para warga yang berkesempatan mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Instagram/@keretacepat_id)

TURISIAN.com – Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, baru-baru ini membocorkan rencana ambisius pemerintah.

Yakni,  memperpanjang rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga mencapai Surabaya, Jawa Timur.

Pernyataan itu disampaikan  dalam acara Hub Space 2023 di JCC Senayan, yang digelar pada Jumat 29 September 2023. Pemerintah, mengisyaratkan langkah besar dalam perkembangan infrastruktur transportasi negeri ini.

“Sesuai arahan Presiden, kita tengah menyusun studi mendalam terkait perpanjangan rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga mencakup kota Surabaya,” ujar Luhut.

BACA JUGA: Penumpang Uji Coba Kereta Cepat Bandung dapat Bus Gratis

Dalam skema perjalanan yang akan datang, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan “mampir” di beberapa kota strategis.

“Rencananya, perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan melalui rute yang menakjubkan. Melewati Kertajati, menyusuri kota sejarah seperti Jogja dan Solo. Sebelum akhirnya tiba di destinasi akhirnya, Surabaya,” terang Luhut.

Selain itu, Luhut juga mengungkapkan upaya serius pemerintah dalam menyelesaikan sambungan terakhir Kereta Cepat dari Bogor ke Jakarta.

“Kami baru-baru ini mengadakan rapat strategis untuk segera menyelesaikan segmen dari Bogor hingga terhubung sepenuhnya dengan Jakarta,” jelasnya.

BACA JUGA: Priit, Masyarakat Sudah Bisa Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dari Stasiun Halim hingga Tegalluar

“Segmen ini menjadi langkah awal yang sangat penting dalam mewujudkan mimpi besar ini,” sambung Luhut.

Sementara itu,  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya juga telah menyebutkan rencana untuk memperpanjang proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga mencapai Surabaya.

Ini merupakan kelanjutan dari rute saat ini yang hanya mencapai dari Stasiun Halim hingga Tegalluar.

Kabar baiknya adalah, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang telah mengalami berbagai tahap uji coba selama hampir dua pekan, telah mencapai waktu tempuh yang mengesankan.

BACA JUGA: Presiden Joko Widodo Bawa Sederat Artis dalam Perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Perjalanan dari Jakarta ke Bandung kini hanya memakan waktu sekitar 30 menit, mempercepat konektivitas antara dua kota penting ini.

Selain itu, proyek ini juga akan menjadi momen bersejarah saat Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikannya pada tanggal 2 Oktober mendatang.

Dengan demikian, perjalanan melintasi pulau Jawa akan semakin efisien dan menghubungkan lebih banyak kota secara langsung.

Termasuk, memberikan peluang besar untuk pengembangan ekonomi dan pertumbuhan wilayah di Indonesia.

“Kami tak sabar untuk melihat perkembangan selanjutnya dalam proyek kereta cepat ini,” pungkas Luhut Pandjaitan. ***

Pos terkait