Priit, Masyarakat Sudah Bisa Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Naik Kereta Cepat
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (batik hitam) melakukan uji coba sekaligus meninjau pengembangan pembangunan aksesibilitas pada 4 stasiun yang dilintasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (Foto: Dok.Kemenhub)

TURISIAN.com – Masyarakat umum mulai hari ini, Jumat, 15 September 2023, sudah bisa naik Kereta Cepat-Jakarta Bandung.

Kabar spektakuler ini disampaikan oleh Menteri Budi saat ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, terkait rencana uji coba kereta cepat bulan ini.

“Momen yang telah lama dinantikan akhirnya tiba, ya ini, besok (hari ini Jumat, 15 September) sudah mulai (uji coba KCJB),” ujar Menteri Budi, kemarin seperti dikutip dari Antaranews.

Lebih jauh, Menteri Budi membeberkan dengan rinci mekanisme pendaftaran uji coba KCJB untuk masyarakat umum.

Yang pasti, kabar baiknya adalah pendaftaran telah dibuka dan peluang untuk merasakan sensasi perjalanan cepat dengan KCJB kini ada di depan mata.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Datang, Tarif Baru Kereta Cepat Jakarta-Bandung Muncul

“Sudah, sudah jalan (pendaftaran uji coba KCJB),” jawab Menteri Budi saat ditanya awak media.

Perlu dicatat bahwa uji coba KCJB untuk masyarakat umum akan berlangsung selama 15 hari. Yakni mulai dari tanggal 15 hingga 30 September 2023.

Selanjutnya, perjalanan resmi KCJB yang akan melayani penumpang direncanakan akan dimulai pada 1 Oktober mendatang.

Yang menarik, pengoperasian KCJB akan dilakukan secara bertahap. Bulan Oktober ini akan menjadi awal perjalanan spektakuler dengan 8 perjalanan kereta.

BACA JUGA: Presiden Joko Widodo Bawa Sederat Artis dalam Perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Pada November, angka itu akan bertambah menjadi 28 perjalanan kereta. Sementara pada bulan Desember, ada 40 perjalanan kereta yang akan memanjakan penumpang.

Dan di awal tahun 2024, tepatnya pada Januari, jumlah perjalanan kereta akan mencapai angka mengesankan, yaitu 68 perjalanan kereta.

Pertama di Asia Tenggara

Sebagaimana diketahui, KCJB adalah layanan Kereta Cepat pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara. Ini adalah terobosan besar dalam sektor transportasi yang akan beroperasi dengan kecepatan luar biasa.

Yakni hingga 350 kilometer per jam. Dengan kecepatan tersebut, waktu tempuh dari Stasiun Halim ke Padalarang hanya memerlukan 32 menit. Sementara dari Stasiun Tegalluar menuju Halim hanya dalam waktu 44 menit.

BACA JUGA: Perdana Menteri China Li Qiang Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Layanan ini memiliki jalur impresif yang membentang sepanjang 142,3 kilometer, melalui 13 terowongan yang menambah kesan futuristiknya.

KCJB akan melayani empat Stasiun utama, yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan konektivitas dan memudahkan mobilitas penumpang, KCJB akan terhubung dengan berbagai moda transportasi lainnya.

BACA JUGA: Menko Marves Luhut Pandjaitan Test Kereta Cepat Jakarta Bandung, Begini Keseruannya

Seperti LRT Jabodebek, KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, Shuttle, dan Taksi.

Ini adalah langkah besar menuju masa depan yang lebih efisien dan terintegrasi dalam sistem transportasi Indonesia.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat, penumpang dapat menikmati pengalaman perjalanan yang lebih cepat, nyaman.  Dan, tentu juga terjangkau dengan naik Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Jangan sampai ketinggalan kesempatan untuk menjadi bagian dari perjalanan spektakuler ini! ***

Pos terkait