Dekranasda Kota Kendari, Memikat Jakarta dengan Pesona Tenunan Lokal

Dekranasda Kota Kendari
Pengunjung Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2023 di JCC (Jakarta Convention Center) tampak sedang melihat motif batik yang di pamerkan. (Instagram/@persit_cabangxxv_puspenerbad)

TURISIAN.com – Balai Sidang Jakarta menjadi saksi perhelatan megah Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2023. Tak ketinggalan, Dekranasda Kota Kendari dari Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut memeriahkan acara tersebut.

Kali ini Sultra hadir dengan memamerkan keindahan tenunan khas lokal dalam event yang berlangsung pada, Rabu 13 September 2023.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Kendari, Sitti Chomzah Asmawa, dalam keterangan resminya pada Kamis 14 September 2023, mengungkapkan kegembiraannya dalam acara prestisius ini.

Kota Kendari berbagi panggung dengan stan Kabupaten Muna Barat dan Kabupaten Buton Tengah. Serta berada dalam satu tempat dengan Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara dan beberapa kabupaten/kota lainnya.

BACA JUGA: Kota Kendari Didorong Menjadi ‘Waterfront City’ Berbasis Pariwisata

Pameran ini bukanlah sesuatu yang baru bagi mereka.

Menurut Sitti, acara ini adalah kegiatan rutin tahunan yang selalu ditunggu-tunggu. Pihaknya, mempersembahkan tenunan khas Kota Kendari. Seperti anyaman nentu, dan produk perak yang menjadi ciri khas daerah ini.

Selain memamerkan produk-produk unggulan,  juga telah mengalokasikan anggaran untuk melatih para perajin setempat.

Langkah ini diambil untuk menjaga dan mengembangkan kerajinan perak yang telah menjadi andalan Kota Kendari.

BACA JUGA; Wisata Budaya ke Kampung Adat Wapulaka di Sulawesi Tenggara

“Tahun lalu kita juga lakukan pembinaan kepada perajin. Insya Allah, ke depannya semakin berkembang,” ungkap Sitti dengan penuh semangat.

Saat ditanya tentang target penjualan, Sitti menjelaskan bahwa mereka tidak memiliki target khusus dalam hal penjualan.

Kehadiran tenunan khas Kota Kendari dalam pameran ini lebih sebagai ajang untuk memperkenalkan produk kerajinan dari daerah mereka.

Tentu saja, jika barang-barang yang dipamerkan laku terjual, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri.

Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, yang turut memeriahkan Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). ***

Pos terkait