Kota Kendari Didorong Menjadi ‘Waterfront City’ Berbasis Pariwisata

Kota Kendari
Sepasang wisatawan tengah menikmati keindahan Puncak Kahyangan, Pulau Sombori, Kendari,Sulawesi Tenggara. (Instagram/@labengki_nirwana_resort)

TURISIAN.com – Kota Kendari di Sulawesi  Tenggara sedang mengembangkan konsep daerah perairan (waterfront city).

Gagasan ini pun mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Merekka mendorong agar konsep pengembangannya  mengedepankan sektor pariwisata, perikanan, perdagangan, dan jasa.

“Daerah yang berjuluk Kota Lulo ini cocok dikembangkan dengan konsep daerah perairan. Atau waterfront city dengan mengedepankan sektor pariwisata, perikanan, perdagangan, dan jasa,” kata Inspektur Jenderal Kemendagri Komisaris Jenderal Polisi Tomsi Tohir Balaw di Kendari, Jumat, 12 Mei 2023.

Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-159 Kota Kdi Lapangan Upacara Balai Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA: Teluk Kendari Bakal Dibangun Destinasi Seperti Ancol, Seperti Ini Programnya

Menurutnya dengan kondisi Kota Kendari yang merupakan kota pesisir maka sangat tepat jika pemerintah setempat mengembangkan konsep daerah perairan.

Selain itu, dia menilai bahwa Kota Kendari memiliki populasi usia kerja yang cukup banyak. Maka daerah ini dapat menjadi salah satu kota dengan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Dengan usia yang ke-192 tahun Kota Kendari sudah cukup matang dalam melakukan pembangunan.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan upaya pembangunan yang lebih fokus dari semua pihak.

BACA JUGA: Kota Kendari, Bangkitkan Kembali Musik Gambus Lewat Pojok Aspirasi

Pengalaman Panjang

“Pengalaman adalah guru terbaik, oleh karena itu pengalaman panjang kami selama 192 tahun diharapkan akan menjadi modal dasar untuk membangun Kota Kendari sebagai etalase Provinsi Sulawesi Tenggara,” tuturnya.

Lebih lanjut Tomsi mengucapkan selamat kepada Kota Kendari yang telah genap berusia 192 tahun.

Ia juga menyampaikan rasa bahagianya bisa menjadi salah satu bagian dari acara tersebut.

“Saya senang bisa menjadi bagian dari masyarakat Kota Kendari yang terkenal dengan keramahannya dan gotong royong” pungkas dia.

BACA JUGA: 4 Tempat Wisata di Kendari yang Menarik Buat Tujuan Liburan Akhir Pekan

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan bahwa di usia yang semakin dewasa ini, pihaknya akan terus melakukan upaya pembangunan kota.

Tujuannya antara lain agar nantinya lebih baik lagi dan bisa memberikan dampak perekonomian yang lebih luas.

Namun demikian hal tersebut harus tetap menjaga keseimbangan kerja sama antar pihak. Hal ini, agar dapat memudahkan aktivitas dalam urusan pemerintahan maupun sosial kemasyarakatan.

“Terima kasih atas semua dukungan, dan kerja sama yang sudah diberikan selama ini kepada pemerintah kota. Sehingga kami bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diembankan oleh negara,” tutuo Asmawa.

BACA JUGA: Mencicipi Kelezatan Kuliner Khas Kendari, Coba 4 Makanan Ini

Objek Wisata Kendari

Berikut Beberapa objek wisata yang ada di Kota Kendari:

1. Danau Lindu: Danau alami yang terletak di kawasan Taman Nasional Lore Lindu yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

2. Pulau Sombori: Pulau terpencil yang menyimpan keindahan bawah laut yang menakjubkan, cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving.

3. Pantai Nambo: Pantai indah dengan pasir putih yang masih alami dan belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan.

BACA JUGA: Danau Paisu Pok Banggai Kepulauan yang Unik dengan Air Sangat Bening

4. Taman Mangrove Angingkola: Taman mangrove yang terletak di sepanjang Sungai Angingkola, tempat yang cocok untuk berjalan-jalan santai dan menikmati keindahan alam.

5. Cagar Alam Gunung Nona: Kawasan hutan lindung yang terletak di Kecamatan Poasia, yang menyimpan keindahan alam yang menakjubkan.

6. Puncak Niputihena: Puncak tertinggi yang menyajikan pemandangan indah kota ini dari ketinggian.

7. Kampung Warna-warni Bajo: Kawasan pemukiman tradisional suku Bajo yang indah dengan rumah-rumah warna-warni yang menarik perhatian wisatawan. ***

Pos terkait