Bandara Kertajati di Majalengka Jadi Destinasi Utama bagi Jet Penumpang Mulai Oktober 2023

Bandara Kertajati di Majalengka
Pesawat Cargo Antonov 124-100 belum lama ini mendarat di Bandara Kertajati. Runway di bandara ini telah comply dengan standar internasional, sehingga dengan dimensi Runway saat ini yaitu 3000x60 maka akan mampu untuk mendaratkan pesawat berbadan lebar. (Dok.BIJB)

TURISIAN.com – Mulai 29 Oktober 2023, Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan memulai peran baru yang mengesankan.

Apalagi, kalau bukan sebagai pusat penerbangan jet penumpang, mengambil alih peran yang sebelumnya dipegang oleh Bandara Husein Sastranegara.

Ini adalah lompatan besar bagi Bandara Kertajati, yang akan segera melayani 7 rute penerbangan dari 3 maskapai penerbangan terkemuka.

Dalam pembicaraan dengan Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, Putu Eka Cahyadi, kami mendapatkan wawasan tentang perubahan ini.

BACA JUGA: Pengoperasian Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Ini Dampaknya ke Pasar Baru

Tiga maskapai utama, yaitu Super Air Jet, Citilink, dan AirAsia, telah berkomitmen untuk memindahkan layanan mereka dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati.

“Rute-rute eksisting di Bandara Husein Sastranegara akan segera bergeser ke Bandara Kertajati,” ungkap Putu dalam diskusi kantornya, Jakarta Pusat, Kamis 15 September 2023.

Perjalanan ke Balikpapan

Ketujuh rute penerbangan yang akan berpindah ke Bandara Kertajati termasuk perjalanan ke Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang.

Dengan estimasi kapasitas tempat duduk mencapai 32.760 penumpang per minggu, Bandara Kertajati siap menjadi pusat aktivitas udara yang sibuk.

BACA JUGA: Bandara Kertajati Majalengka Buka Kembali Rute Kuala Lumpur

Namun, perkembangan ini belum berakhir. Putu mengungkapkan bahwa kemungkinan akan ada penambahan rute penerbangan.

Beberapa yang telah dibahas adalah penambahan rute ke Lombok dan beberapa daerah di sekitar Sumatera. Namun, dari yang sudah ada, penerbangan ke Denpasar di Bali tampaknya menjadi unggulan.

“Ada rencana untuk menambah rute ke Lombok dan beberapa wilayah di Sumatera. Tetapi jika kita melihat dari sisi destinasi terbesar, Bandara Husein ke Denpasar, kemungkinan besar akan menjadi penerbangan utama,” kata Putu penuh semangat.

BACA JUGA: Bandara Husein Sastranegara Segera Ditutup, Pindah ke Kertajati

Persyaratan Administrasi

Lebih menggembirakan lagi, izin terbang dan persyaratan administrasi untuk pemindahan penerbangan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati telah rampung.

Bahkan, maskapai penerbangan sudah dapat menjual tiket mereka sejak awal September untuk tujuan Bandara Kertajati.

Dengan perubahan besar ini, Bandara Kertajati semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu gerbang utama menuju destinasi yang indah di seluruh Indonesia.

Pergantian ini juga menawarkan penumpang lebih banyak pilihan dan kenyamanan saat melakukan perjalanan udara. Jadi, bersiaplah untuk menjelajahi tujuan impian Anda dengan Bandara Kertajati! ***

Pos terkait