Bandara Kertajati Majalengka Buka Kembali Rute Kuala Lumpur

Bandara Kertajati Majalengka
Maskapai Batik Air saat melakukan pendaratan di Bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat membuka kembali layanan penerbangan ke Kuala Lumpur, Malaysia pergi-pulang (PP).

Rite tersebut akan diaktifkan mulai Mei 2023 mendatang, dengan maskapai yang dioperasikan adalah AirAsia Berhard.

Nantinya,penerbangan Kertajati-Kuala Lumpur ini dijadwalkan beroperasi dua kali dalam seminggu. Yakni, penerbangan perdana dari tanggal 17 Mei sampai 25 Oktober 2023.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni, dalam keterangan tertulis, Jumat 31 Maret 2023 saat ini beberapa maskapai mulai beranjak pulih, setelah pandemic.

BACA JUGA: Menhub Pastikan Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Haji

“Ini jadi pertanda bahwa industri penerbangan Indonesia, terutama rute luar negeri sudah mulai pulih kembali sejak masa pandemi Covid-19,” katanya.

Pengoperasian rute internasional ini sendiri didasari pada surat Penetapan Pelaksanaan Rute Penerbangan Luar Negeri. Diterbitkan  oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan pada Kamis 30 Maret 2023.

Dengan dibukanya penerbangan internasional di Bandara Kertajati Majalengka diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata dan menumbuhkan perekonomian di Jawa Barat.

BACA JUGA: Bandara Internasional Yogyakarta Masih Beroperasi, Tak Terdampak Erupsi Merapi

Oleh sebab itu,  Ditjen Hubud akan melakukan evaluasi realisasi penerbangan dan penggunaan slot time secara berkala selama periode Summer 2023.

“Selain aspek keselamatan dan keamanan, pelayanan terhadap penumpang  juga harus diperhatikan mulai dari pre-flight, in-flight, dan post flight,” ujar Kristi.

Bandara Kertajati sendiri, memiliki kemampuan untuk didarati pesawat besar seperti Antonov AN-124 100 M.

Hal tersebut tidak lepas dari fasilitas yang dimiliki Bandara Kertajati Majalengka yang memiliki panjang landas pacu hingga 3.000 meter. ***

Pos terkait