Pengoperasian Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Ini Dampaknya ke Pasar Baru

Kabupaten Majalengka
Direktur Operasional PT DAM Sawarga Maniloka Jaya, Irwin Tan (kemeja biru) didampingi Direktur Marketing dan Pengembangan Bisnis Pasar Baru Trade Center Bandung, Untung BW saat memberikan penejelasan kepada awak media, Selasa 12 September 2023 di Bandung. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Pengoperasian kembali Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka tidak hanya menjadi berita gembira bagi pelaku usaha di Jawa Barat.

Namun, tetapi juga membawa angin segar bagi industri pariwisata di daerah tersebut. Harapan besar menyelimuti para pemangku kepentingan, bahwa langkah ini akan memicu kembali kunjungan para pelancong asing ke Jawa Barat.

Sebut saja, dengan adanya Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu), akses jalan menuju BIJB Kertajati semakin memudahkan para wisatawan.

Utamanya, mereka yang selama ini ingin menjelajahi berbagai tempat menarik di Jawa Barat, khususnya Kota Bandung.

BACA JUGA: Pasar Turi Baru, Pusat Grosir Terbesar Asia Gelar Bazar Kuliner Ramadhan

PT DAM Sawarga Maniloka Jaya, yang bertanggung jawab atas pengelolaan Pasar Baru Trade Center Bandung, menjadi salah satu pihak yang penuh antusias menyambut berita menggembirakan ini.

Dengan beroperasinya BIJB Kertajati, di Kabupaten Majalengka harapannya adalah bahwa para wisatawan asal Malaysia akan kembali meramaikan pasar yang terletak di pusat Kota Bandung itu.

Pengunjung dari Malaysia dan Timur Tengah

Tak terkecuali, Direktur Operasional PT. DAM Sawarga Maniloka Jaya, Irwin Tan, tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

“Rencana pembukaan kembali rute penerbangan Malaysia – Bandara Kertajati menjadi kabar baik buat kami. Dengan adanya penerbangan langsung tersebut, harapan kami kunjungan wisatawan ke Pasar Baru Trade Center kembali meningkat,” ujarnya saat melakukan gathering dengan media nasional, termasuk Turisian.com, Selasa 12 September 2023.

BACA JUGA: 10 Tempat Nongkrong di Kota Bandung yang Masih Populer, Dimana Saja?

Irwin juga menjelaskan bahwa pengunjung terbesar Pasar Baru Trade Center Bandung berasal dari Malaysia dan Timur Tengah. Oleh karena itu, beroperasinya kembali BIJB Kertajati merupakan momen penting.

Utamanya, dalam  memulihkan kunjungan wisatawan asing yang sempat mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

Sebelum pandemi, wisata belanja di Pasar Baru Trade Center Bandung, terutama oleh wisatawan Malaysia, sangat diminati.

Pasar ini terkenal karena menjadi pusat penjualan tekstil, dan produk-produknya menjadi favorit bagi wisatawan Malaysia.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Museum di Kota Bandung yang Menarik Kalian Kunjungi!

10 Titik Promosi

Irwin Tan menekankan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut kedatangan wisatawan asing. Termasuk peningkatan fasilitas yang akan meningkatkan kenyamanan berbelanja bagi mereka.

“Selain itu, kami juga memastikan fasilitas di Pasar Baru Trade Center Bandung semakin lengkap, tanpa mengurangi nilai historis yang melekat pada citra gedung tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Marketing dan Pengembangan Bisnis Pasar Baru Trade Center Bandung, Untung BW, menegaskan bahwa mereka tengah aktif melakukan promosi untuk menyambut kembali wisatawan asing.

BACA JUGA: Kota Bandung Ganti Nama Fly Over Pelangi Menjadi Fly Over Agung R Soeprapto

Selama bulan September, mereka telah memasang 10 titik promosi di sekitar kota Bandung dan 65 titik promosi dalam rangka memperingati 213 tahun Kota Bandung.

Program kerjasama dengan pihak pelaku pariwisata juga tetap berjalan dengan baik.

Untuk diketahui, Pasar Baru Trade Center Bandung selama ini telah menjadi destinasi yang menawarkan berbagai jenis komoditas tekstil, makanan, dan produk lainnya.

Dengan lebih dari 2.000 tenant yang beroperasi di 12 lantai bangunan ini, semuanya siap melayani dengan baik. Kembalinya keriuhan dan daya tarik Pasar Baru Trade Center Bandung bersamaan dengan BIJB Kertajati membawa semangat baru bagi pariwisata Jawa Barat. ***

Pos terkait