Menko Marves Luhut Pandjaitan Test Kereta Cepat Jakarta Bandung, Begini Keseruannya

Menko Marves
Kereta Cepat Jakarta Bandung dari pabrikan China. (Instagram/@keretacepat_id)

TURISIAN.com – Menteri Koordinator Keren Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan gas pol test Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), Kamis 22 Juni 2023.

Begitu  KCJB mendarat di Stasiun Tegalluar, Bandung, Jawa Barat, Luhut turun dari gerbong keretanya.

Dia ngecek beberapa tempat di Stasiun Tegalluar. Luhut juga asik ngobrol-ngobrol sama para pekerja di sana.

Katanya, uji coba pakai kereta inspeksi (CIT) kali ini lancar jaya dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, sampe Stasiun Tegalluar.

“Tadi semua (uji coba KCJB) jalan mulus,” kata Luhut kepada wartawan di Stasiun Tegalluar.

BACA JUGA: Mengintip Fasilitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Serba Wah Lho Guys

Luhut, yang kece pake setelan kemeja putih sama celana hitam panjang, juga sempet ngecek area Stasiun Padalarang sebelum nyampe di Stasiun Tegalluar.

Di kesempatan test KCJB kali ini, Luhut ditemenin sama beberapa pejabat lain. Diantaranya,  Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Luhut nyampein harapannya, proyek kereta cepat ini harus kelar tepat waktu.

“Proyek ini harus selesai, kita berharap tepat waktu. Dan Presiden (Joko Widodo) udah ngasih instruksi ke kita. Juga, instruksi ke Pak Gubernur, Pak Menteri Perhubungan (buat) perpanjang rangkaian kereta dari Jakarta ke Bandung ini,” jelas Luhut.

BACA JUGA: Kereta Cepat Jakarta Bandung, Cuma 40 Menitan Dengan Ongkos 200-Ribuan Bro..

Stasiun KCJB Halim

Sementara itu, Luhut bilang, KCJB nantinya bakal bisa nganter penumpang dari Jakarta ke Bandung lebih cepet, guys.

“Kalian bisa rasain gimana serunya naik kereta cepat tadi dari Jakarta. Test LRT, naik kereta cepat sampe Padalarang cuma 22 menit, terus nyampe sini (Stasiun Tegalluar) 45 menit,” cerita dia.

Namun, ada beberapa kkses menuju Stasiun KCJB Halim harus diperbaiki. Karena saat agak susah, soalnya belum ada jalan umum buat motor yang bisa lewatin. Tapi tenang, mobil bisa nyampe stasiun lewat tol.

Pas kita nyampe lokasi, Stasiun Halim masih belum jadi. Alat berat masih sibuk ngorek tanah merah di sekitarnya.

BACA JUGA: Kementerian BUMN Ingin Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Lebih Awal Beroperasi

Faslitas Kereta Cepat

Sementara itu di sisi lain, para pekerja bangunan lagi sibuk ngerjain proyek pembangunan gedung. Begitu masuk ke dalam area, infrastruktur stasiun belum semuanya bisa dipake.

Kami, para awak media yang ditemenin sama PT KCIC, jalan kaki menuju peron kereta selama sekitar 10 menit. Ada rangkaian kereta inspeksi berwarna abu-abu, ungu, dan kuning yang udah nungguin di peron stasiun.

Ketika masuk ke gerbong kelima, kita lihat badan kereta yang warnanya abu-abu keren. Di dalam gerbong kereta, ada dapur dan toilet. Terus ada kursi sama meja buat penumpang di setiap gerbong.

BACA JUGA: Seru Nih! Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Bakal Uji Coba Sesungguhnya

Di dalam kereta, penumpang bisa lihat running text yang nyediain info tentang suhu ruangan, kecepatan, dan lokasi kereta.

Oh iya, kereta inspeksi ini bukan buat penumpang, ya. Di uji coba kali ini, kereta diperkirakan bisa nyampe kecepatan maksimal 350 kilometer per jam.

Uji coba ini dilakukan buat ngangkut karyawan PT KCIC, awak media, dan instansi terkait.

Selama perjalanan, gerbongnya agak goyang-goyang halus dan kedengeran suara bising. Di awal perjalanan ke Bandung, beberapa penumpang ada yang protes telinganya kesenggol karena kecepatan keretanya tinggi banget, guys. ***

Pos terkait