Pura Mangkunegaran Solo Bakal Ramai, Ada Pertunjukan Sudamala Besutan Nicholas Saputra

Pura Mangkunegaran Solo
Aktor film Nicholas Saputra, yang sekaligus produser Sudamala saat melakukan konferensi pers di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Kamis 22 Juni 2023.(Instagram/@siarabilaa)

TURISIAN.com – Hai, bro dan sis milenial! Ada info seru nih buat kalian yang suka seni dan budaya. Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, lagi ramai banget karena bakal ada pertunjukan Sudamala yang keren abis!

Acaranya bakal berlangsung selama tiga hari, dari Jumat-Minggu,  23-26 2023. Yang ngeproduseri pertunjukan ini adalah Nicholas Saputra dan Happy Salma, dua sosok kece di dunia hiburan.

Nicholas Saputra, produser Sudamala, excited banget bisa kolaborasi sama semua orang. Yakni, buat ngelahirin pementasan bertajuk “Satu Dalam Cita” yang keren ini di Solo.

Dia bilang, “Kami bangga banget bisa kerja bareng banyak orang dari latar budaya yang beda-beda, bro!” Wow, kata-kata  yang menginspirasi banget, kan?

BACA JUGA: Makanan Khas Solo Legendaris, Cicipi Rekomendasi 7 Kuliner Ini

Dalam pertunjukan Sudamala ini, ada 402 orang yang terlibat secara keseluruhan. Bukan cuma seniman dan maestro. Tapi juga para pekerja seni dan tenaga profesional.

Mereka dateng dari Bali, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan sekitarnya. Nah, nggak cuma itu, tim kerja, penari, dan pegiat seni dari Solo juga ikutan nampil.

Dari Epilog Calonarang ini adalah persembahan ke-62 yang super keren, bro! Mereka bakal nunjukin pertunjukan yang terinspirasi dari tradisi Bali yang kental dengan sastra.

Kalian bakal disuguhin tarian dan drama yang bikin kepala pusing, karya pahat dan seni rupa yang bikin mata melek, busana yang kece abis, dan tentunya musik gamelan Bali yang klasik banget.

BACA JUGA: 700 Orang Akan Dilibatkan dalam Event Solo Menari, Ini Tanggalnya

Pamedan Pura Mangkunegaran

Lokasinya juga nggak kalah seru, di area Pamedan Pura Mangkunegaran. Di sini, 90 seniman dan maestro dari Bali bakal berkolaborasi sama seniman seni pertunjukan dari kota lain. Wah, pasti seru banget nih pertunjukannya, bro!

Dalam pertunjukan Sudamala ini, kalian juga bakal lihat barong, topeng, gamelan, dan wastra yang semuanya dibuat oleh maestro-maestro Bali.

Mereka bikin spesial banget buat dipentaskan di Pura Mangkunegaran, Solo. Keren, kan?

Ada dua tokoh penting dalam pertunjukan ini, yaitu Walu Nateng Dirah (Calonarang) dan Mpu Bharada. Mereka jadi simbol dualisme yang penting banget buat bikin keharmonisan dalam pertunjukan ini. Makanya, pastinya bakal ada vibe yang dapet banget!

BACA JUGA: Mengagumi Kemegahan Masjid Sheikh Zayed, Wisata Religi di Kota Solo

Sementara itu Happy Salma, salah satu produser Sudamala, awalnya nggak percaya diri buat bikin pertunjukan ini di Solo. Tapi untungnya, Nicholas Saputra punya semangat yang tinggi.

Jadi, akhirnya mereka berdua nekat juga buat bikin pertunjukan Sudamala ini jadi kenyataan.

Gde Bayu Putra, produser pendampingnya Happy Salma dan Nicholas Saputra, juga nambahin ceritanya. Ini udah kali kedua dia nemenin mereka berdua dalam pertunjukan Sudamala. Sebelumnya, pertunjukan Sudamala sukses banget diadain di Jakarta.

Bayu Putra dengan bangga bilang, “Aku bangga banget, bro! Pertunjukan ini bener-bener hasil inisiatif dari Ubud. Dan, sekarang udah kedua kalinya diadain di Solo.”

BACA JUGA: Jalan-jalan Santai di Taman Balekambang Solo

KGPAA Mangkunegara X

“Jalinan silaturahim antara Solo dan Bali emang udah terjalin lama banget, dan sekarang semakin kuat dan indah,” sambung Bayu.

Bukan cuma itu, bro! KGPAA Mangkunegara X, orang penting di Solo, juga ikutan beri komentarnya. Dia bilang, Solo itu kota yang kental dengan kebudayaan Jawa, dan punya daya tarik serta kekhasan yang beda dari daerah lain.

Selain pertunjukan Sudamala yang bikin heboh, mereka juga ngadain royal heritage dinner, lho! Jadi, pengunjung bisa ikutan merasakan budaya di Pura Mangkunegaran lewat kuliner dan pengalaman tari serta karawitan. Seru banget, kan?

Bisa sambil makan enak sambil menikmati budaya Jawa yang keren abis!

Jadi, buat kalian yang demen seni dan budaya, jangan sampe kelewatan pertunjukan Sudamala yang keren ini, bro! Bakal ada tarian, drama, gamelan Bali, dan banyak lagi yang bikin kalian terpukau.

Ajak juga temen-temen kalian buat nonton bareng biar seru! ***

Pos terkait