700 Orang Akan Dilibatkan dalam Event Solo Menari, Ini Tanggalnya

Solo Menari
Ilustrasi. Para wanita muda membawakan tarian tradisional di Kota Surakarta, Solo. (Instagram/@disulnonong)

TURISIAN.com – Event kesenian kolosal Solo menari akan berlangsung di Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Sabtu 29 April 2023. Sedikitnya, ada 700 orang yang akan dilibatkan dalam acara tahunan ini.

Sutradara Solo Menari Bobby Ari Setiawan mengemukakan  penyelenggaraan Solo Menari akan dibuka dengan tarian Bedhayan Naradipta.

Ia mengatakan selama arak-arakan akan ada rombongan penari Ramayana yang menuju Pasar Gede untuk kemudian mereka pentas di pasar.

BACA JUGA: Mengagumi Kemegahan Masjid Sheikh Zayed, Wisata Religi di Kota Solo

“Penari akan berinteraksi dengan penjual dan pengunjung. Ini yang menarik,” kata Bobby usai melakukan audiensi dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Surakarta, Kamis 27 April 2023.

Selain Pasar Gede, akan pula penampilan para penari yang juga berinteraksi dengan masyarakat, di antaranya di Kampung Batik Kauman, Mal Solo Paragon, dan Balai Kota Surakarta.

BACA JUGA: Solo Art Market, Hadirkan Suvenir Unik Hasil Handmade

“Konsepnya membaca ruang, bagaimana pertunjukan itu tidak terbatas dan Solo punya potensi lain untuk menjadi ruang terbuka pertunjukan tari,” katanya.

Sementara itu, dijadwalkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan hadir.

Dua tokoh pemerintah ini akan menyaksikan acara langsung acara  tersebut. ***

Pos terkait