Kereta Cepat Jakarta Bandung, Cuma 40 Menitan Dengan Ongkos 200-Ribuan Bro..

Kereta Cepat Jakarta Bandung
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung saat memasuki kawasan Bekasi pada ujicoba, baru-baru ini. (Instagram/@onroadindonesia)

TURISIAN.com – Kereta Cepat Jakarta Bandung atau  baru aja lakukan uji coba. Seru banget nih! Pertama, pada tanggal 19 Mei 2023 lalu.

Mereka nyobain hot sliding test di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tujuannya biar bisa ngecek seberapa cepet rangkaian Electrical Multiple Unit (EMU) KCJB 400 AF bisa meluncur menuju Stasiun Halim Jakarta.

Selain itu, uji coba ini juga buat pastiin kalo semua jaringan Overhead Catenary System (OCS) udah siap buat beroperasi. KCJB bakalan jadi jalur cepat yang menghubungin Jakarta sama ibu kota provinsi Jawa Barat, Bandung.

Buanyaak banget yang ditungguin dari KCJB ini, bro! Ada empat stasiun pemberhentian yang keren abis. Yakni Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar.

Jaraknya sekitar 142,3 kilometer, lumayan jauh kan? Dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya, KCJB bakal ngelewatin rute itu.

BACA JUGA: Kementerian BUMN Ingin Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Lebih Awal Beroperasi

Nah, kabarnya KCJB siap beroperasi bulan Agustus 2023 nanti. Buat yang mau ikutan seru-seruan naik KCJB, harga tiketnya diperkirain sekitar Rp 237.824 – 300.000 buat yang mau naik kelas 2 (second class).

Dan, pengen tau gak. Ternyata jarak tempuh Jakarta-Bandung dengan KCJB ini cuma 40 menitan. Gila gak, man!

Eits, nggak cuma di Indonesia, negara lain juga punya kereta cepat keren, bro! Misalnya, di Jepang ada yang namanya Shinkansen. Kereta cepat ini terkenal banget, loh!

Pertama kali mereka ngejalanin perjalanan dari Tokyo ke Osaka pada tanggal 1 Oktober 1964.

Nah, sekarang kita bandingin kecepatan KCJB sama Shinkansen, nih! KCJB punya daya kecepatan yang luar biasa, bro! Didesain bisa ngebut sampe 420 kilometer per jam.

BACA JUGA: Seru Nih! Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Bakal Uji Coba Sesungguhnya

Kecepatannya 350 Km/Jam

Dan kecepatan operasionalnya sekitar 350 kilometer per jam. Jadi, perjalanan sejauh 142,3 kilometer antara Jakarta dan Bandung bisa ditempuh cuma sekitar 35 menit buat perjalanan langsung. Atau 46 menit kalo ada berhenti di stasiun.

Kalau Shinkansen sendiri, mereka punya berbagai jenis kereta dengan kecepatan yang keren juga. Kecepatan standarnya itu sekitar 300 kilometer per jam, tapi yang paling cepet tuh seri L0.

Mereka bisa melaju sampe 603 kilometer per jam atau sekitar 375 mil per jam. Sayangnya, Shinkansen seri L0 cuma boleh operasi sampe 500 kilometer per jam atau 310 mpj aja.

Tentunya, Shinkansen juga punya banyak jenis kereta yang digunain di Jepang. Ada kereta Nozomi, Hikari, Mizuho, Kodama, Hayabusa, dan Sakura.

BACA JUGA: PT Kereta Api Bikin Gebrakan, Perpendek Jarak Tempuh 78 Menit Lebih Cepat

Nah, mulai tahun 2020, Jepang juga udah pake model Shinkansen N700S yang dilengkapi sama sistem self-propulsion baterai lithium-ion.

abis, ya! Jadi, KCJB dan Shinkansen memang punya kecepatan yang bikin mata melotot, bro! KCJB pake rangkaian kereta buatan Cina yang generasi terbaru, CR400AF oleh CRRC Qingdao Sifang.

Mereka bertenaga listrik dengan daya sekitar 9750 kW untuk setiap rangkaian yang punya 8 gerbong.

Kereta Shinkansen

Bandingin sama Shinkansen, KCJB bisa dibilang juga nggak kalah keren. Meskipun Shinkansen punya kecepatan mulai dari 300 kilometer per jam, tapi seri L0 adalah yang paling bikin ngiler.

Kecepatannya bisa nyampe 603 kilometer per jam atau 375 mil per jam! Sayangnya, mereka cuma diizinin buat operasi sampe 500 kilometer per jam atau 310 mpj aja.

BACA JUGA: Ada Perubahan Jadwal Kereta Api Bandara Nih Guys, Catat Waktunya Ya..

Gimana, bro? Bener-bener luar biasa kecepatan yang mereka punya. KCJB dan Shinkansen jelas memperlihatkan teknologi kereta cepat yang canggih dan membuat perjalanan jadi lebih efisien dan seru!

Jadi, nanti pas KCJB udah beroperasi, kita bisa nyobain sensasi naik kereta super kencang itu, deh. Tinggal duduk, santai, dan dalam waktu singkat kita udah sampai tujuan. Oh, seru banget!

Kita tunggu aja bulan Agustus 2023 untuk bisa merasakan pengalaman naik KCJB yang bikin deg-degan ini.

Makanya, buat kamu yang suka kecepatan dan pengalaman perjalanan yang seru, jangan lewatkan kesempatan buat naik KCJB, ya!

Siapa tahu suatu hari nanti kita juga bisa nyobain Shinkansen di Jepang. Kereta cepat emang bikin dunia semakin terhubung dan menjadikan perjalanan jadi lebih menyenangkan.

Yuk, kita jadi generasi yang ikut merasakan teknologi canggih ini dan menjelajahi dunia dengan lebih cepat dan seru! ***

Pos terkait