Tips Bawa Koper ke Kabin Pesawat, Ini yang Tak Boleh Dilakukan

Bawa Koper ke kabin
Ilustrasi. Koper diletakan di ruang tunggu bandara. (Pixabay.com)

TURISIAN.com – Mau jalan-jalan naik pesawat? Pertama, kita harus tau tata cara bawa koper ke kabin. Siapin koper yang pas supaya packing barang bawaan nggak ribet.

Jangan sampe bawa koper gede banget yang beratnya minta ampun. Atau koper kecil yang nggak cukup buat bawa barang yang penting.

Nah, kalo kalian mau perjalanan singkat dan pengen praktis, koper kabin bisa jadi pilihan yang oke.

Dengan pilih koper kabin, kalian gampang banget di bandara dan di pesawat. Tinggal bawa aja koper kabin itu, nggak perlu check-in atau ambil bagasi di bandara tujuan.

Ukuran Koper Kabin yang Asik

Ukuran koper kabin sebenernya tergantung aturan masing-masing maskapai, guys. Tiap maskapai punya peraturan berat dan ukuran koper kabin yang beda-beda, juga ada yang boleh bawa tas tambahan atau nggak.

Tapi pada umumnya, ukuran koper kabin yang boleh itu sekitar 22 inci (56 cm) panjang, 18 inci (45 cm) lebar, dan 10 inci (25 cm) tinggi. Itu udah termasuk roda, gagang, dan kantung koper.

BACA JUGA: Takut Naik Pesawat Gara-gara yang Viral Itu? Jangan Panik, Ini Penjelasannya Guys..

Beratnya koper kabin biasanya maksimal 7 kilogram. Kalo lebih dari itu, bisa kena biaya ekstra atau mending dimasukin ke bagasi aja.

Aturan Umum Buat Koper di Kabin

Selain ukuran dan berat koper kabin, ada juga aturan penting lainnya yang harus kalian tau, nih!

1.Jangan bawa cairan lebih dari 100 ml

Aturan di pesawat membatasin jumlah cairan yang boleh masuk koper kabin, guys. Jadi, sebaiknya kalian siapin botol atau plastik yang bisa muatin cairan kurang dari 100 ml.

Kalo kalian bawa cairan lebih dari 100 ml, biasanya kalian diminta buat kurangin jumlahnya sampe batas yang diperbolehkan. Tapi tenang, ada pengecualian khusus buat bayi atau obat buat penyakit tertentu.

BACA JUGA: PT Kereta Api Indonesia Berlakukan Persyaratan Bagasi Bagi Penumpang Lebaran

2. Nggak boleh bawa barang tajem

Gunting, cutter, pisau, jarum, dan barang tajem lainnya nggak boleh masuk kabin, guys. Kalo kalian emang butuh bawa barang kayak gitu, harus dimasukin ke bagasi pesawat.

3. Senjata api dan gas? Nggak boleh banget!

Ini penting banget, guys. Jangan sampe bawa senjata api atau gas pas naik pesawat, ya. Itu barang berbahaya dan nggak boleh dibawa di pesawat sipil.

BACA JUGA: Pesawat Garuda Terbang Dengan Pintu Bagasi Masih Terbuka, Kok Bisa?

4. Buat barang elektronik, harus ditunjukin

Laptop atau barang elektronik lainnya harus dikeluarin dan ditunjukin ke petugas pas mau naik pesawat. Kalo powerbank, boleh dibawa tapi sesuai batas maksimum yang ditentuin maskapai.

Jadi, itulah beberapa hal penting yang perlu kalian tau tentang ukuran koper kabin dan aturan-aturan khususnya.

Ingat, patuhi aturan-aturan ini supaya gampang saat check-in dan boarding di bandara.

Selamat berlibur, guys, dan semoga perjalanan kalian seru dan lancar! ***

Pos terkait