Batik Lokal Aceh Tampil di Event Nagan Raya Expo 2023

Batik Lokal Aceh
Seorang penari Aceh tampil dalam panggung event NAGAN RAYA EXPO 2023 di Alun-alun Alun-Alun Suka Makmue Nagan Raya, (Instagram/@nagan.raya_expo.2023)

TURISIAN.com – Batik lokal Aceh menarik perhatian pengunjung di event  peragaan busana Nagan Raya Expo 2023.

Acara  yang berlangsung di Alun-alun Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Minggu malam 5 Maret 2023 iitu juga  diikuti oleh sejumlah pejabat daerah setempat.

“Peragaan busana dilaksanakan dalam rangka mengenalkan masyarakat terhadap batik daerah Aceh,” kata Pj Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas, semalam.

Ia mengatakan, peragaan busana batik Aceh tersebut juga sebagai upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi pelaku usaha di Aceh.

BACA JUGA: Bur Telege, Spot Wisata Perbukitan di Aceh Tengah yang Asri dan Sejuk

Sekaligus mempromosikan kerajinan masyarakat Aceh yang fokus pada pengembangan batik lokal.

Fitriany mengatakan, pameran busana batik lokal Aceh tersebut menjadi ajang memperkenalkan batik kepada pejabat pemerintah di Kabupaten Nagan Raya. Termasuk kalangan masyarakat di daerah ini.

Ia mengharapkan melalui ajang peragaan busana tersebut, dapat terus mempromosikan kerajinan lokal masyarakat Aceh melalui Rameunee Expo 2023.

Fitriany mengharapkan melalui ajang ini, semakin meningkatkan geliat UMKM serta mampu menambah pendapatan masyarakat.

Dan mempromosikan aneka kerajinan tangan lokal Aceh kepada masyarakat secara luas.

BACA JUGA: Tamasya ke Air Terjun Mengaya yang Memesona, Hidden Gem di Aceh Tengah

“Semoga masyarakat Aceh dapat mencintai produk lokal hasil kerajinan masyarakat,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 180 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Nagan Raya, Aceh dan luar Provinsi Aceh, meramaikan ajang Rameunee Expo 2023.

Peserta kegiatan tersebut terdiri dari 60 stand UMKM Nagan Raya serta 120 UMKM atau pelaku usaha yang tersebar di Aceh dan luar Aceh.

Produk UMKM

Melalui kegiatan tersebut, pemerintah daerah Aceh berharap bisa menjadi  media edukasi, promosi dan transaksi bagi masyarakat maupun pelaku UMKM.

BACA JUGA: Rute Baru Lion Air Kualanamu-Aceh Besar, Catat Jadwalnya

“Kami berharap produk UMKM bukan hanya dijual melalui expo atau media pameran di acara ini saja. Nmun ke depan tentunya harus mampu dijual di pasar modern, baik melalui konvensional maupun online termasuk melalui akun medsos,” kata Fitriany Farhas.

Kegiatan Expo UMKM Rameune Nagan Raya 2023 kali ini, turut dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya Kabupaten Nagan Raya.

Berupa lomba rapa’i saman, rateb meusekat, tari kreasi baru, vokal grup, hymne Aceh, videografi, fotografer. Dan juga pagelaran busana khas Nagan Raya oleh para kepala OPD di Nagan Raya.

BACA JUGA: Danau Lut Tawar Aceh Tengah yang Indah dan Menyimpan Legenda Masyarakat Gayo

Sementara itu, Panitia Pelaksana, Jefri Juanda dalam laporannya mengucapkan senang dan bangga kepada Pj Bupati Nagan Raya yang telah memprogramkan event UMKM Rameune Nagan Raya Expo 2023 ini.

“Saya yang mewakili seluruh panitia dan selaku putra daerah Nagan Raya bangga atas diselenggarakan event ini,” ujar Jefri.

Ia menyebutkan, event ini ada 60 stand UMKM Nagan Raya serta 120 UMKM atau pelaku usaha yang tersebar di Aceh dan luar Aceh.

“Semoga Event ini bisa menjadi pemulihan ekonomi, peningkatan UMKM serta menjadi ajang perlawanan terhadap inflasi,” kata Jefri. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait