Bur Telege, Spot Wisata Perbukitan di Aceh Tengah yang Asri dan Sejuk

Bur Telege
Bur Telege di Kab. Aceh Tengah. (Source: Dispar Aceh Tengah)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang sedang mencari spot wisata perbukitan yang asri dan berhawa sejuk, bisa coba arahkan perjalanan ke Bur Telege di Kabupaten Aceh Tengah. Destinasi perbukitan ini pun tampil berupa taman bernuansa kontemporer.

Dulunya, tempat tersebut lebih populer dengan sebutan Bur Gayo. Kemudian para pemuda desa setempat mengubah nama itu seperti sekarang. Mereka meyakini nama yang saat ini sebagai nama asli tempat tersebut.

Bur Telege sendiri berasal dari Bahasa Gayo yang mengandung arti puncak telaga. Terdiri dari kata ‘Bur’ yang berarti sebagai puncak gunung maupun bukit, sedangkan ‘Telege’ berarti telaga. Nama tersebut lahir karena konon di atas bukit ini terdapat sebuah sumur. Menurut pendapat orang tua terdahulu, air sumurnya tidak pernah kering meskipun sedang kemarau.

Sajian utama yang ada di objek wisata ini, yaitu pemandangan lanskap Kota Takengon yang bersanding dengan Danau Lut Tawar. View-nya makin cantik dengan perbukitan hijau yang mengelilinginya.

Baca juga: Danau Lut Tawar Aceh Tengah yang Indah dan Menyimpan Legenda Masyarakat Gayo

Ada pula daya tarik wisata foto dengan tersedianya beragam spot selfie yang memiliki ukiran menarik. Jika ingin lebih rileks, Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan Bur Telege sambil minum kopi di kedai sederhana yang ada di sana. Terlebih udaranya sejuk dan suasananya tenang, membuat makin betah.

Bukan hanya panorama alam, di Bur Telege juga terdapat beberapa wahana yang bisa Sobat Turisian coba. Seperti Hammock yang terpasang bertingkat dan terikat pada batang pohon. Serta ayunan raksasa berlatar belakang hamparan pepohonan pinus. Lalu ada pula Monumen Perdamaian antara Pemerintah RI dengan DI TII.

Lokasi & Rute ke Bur Telege

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Kampung Hakim Bale Bujang, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Berada tidak jauh dari pusat ibu kota Aceh Tengah, Takengon, tepatnya di sebelah selatan.

Kawasan Bur Telege juga mudah Sobat Turisian lihat dari kota Takengon. Cirinya berupa tulisan besar “Gayo Highland” “Tanoh Gayo”. Untuk menuju ke sini, Sobat Turisian bisa mengaksesnya dari Kota Takengon dengan jarak cukup dekat, hanya sekitar 10 menit.

Baca juga: Tamasya ke Air Terjun Mengaya yang Memesona, Hidden Gem di Aceh Tengah

Untuk masuk ke objek wisata tersebut, Sobat Turisian hanya perlu tiket sekira Rp5.000 per orang. Dari loket tiket, kalian tinggal berjalan kaki pada jalur menanjak sepanjang 50 meter menuju lokasi.*

 

Pos terkait