Masata Inisiasi Pembukaan Kembali Rute Penerbangan Palembang-Singapura

Masata
Perahu motor tradisional melaju di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Perahu ini menjadi daya tarik wisatawan. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Sumatera Selatan mengusung semangat kolaborasi. Yakni, untuk menghidupkan kembali industri pariwisata dan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Palembang dan Singapura.

Masata memutuskan menjalin kerjasama dengan Badan Pariwisata Singapura (Singapore Tourism Board-STB) untuk memobilisasi maskapai penerbangan nasional dan internasional.

Tujuannya, agar mereka membuka kembali rute penerbangan langsung dari Palembang ke Singapura. Dimana,  dulunya jalur ini begitu populer sebelum pandemi COVID-19 melanda.

“Kini saatnya bersama-sama merangkai jejak langkah indah bagi pariwisata dan kunjungan lintas negara. Seperti yang telah kita nikmati sebelumnya,” kata Herlan Aspiudin, Ketua Masata Sumsel, Kamis 27 Juli 2023.

BACA JUGA: Masjid Cheng Ho, Objek Wisata Religi Favorit di Kota Palembang

Dengan penuh optimisme ia menyambut kedatangan Direktur Area Indonesia (Surabaya) Internasional Grup STB, LIM Si Ting, di ibukota Sumatera Selatan.

Pandemi COVID-19 memang telah membuat rute penerbangan Palembang-Singapura terhenti, namun semangat Masata tak surut.

Kini, mereka berupaya keras untuk membuka kembali pintu kesempatan bagi para pelancong dengan melobi maskapai penerbangan agar segera menghidupkan kembali rute yang sebelumnya begitu ramai dilalui.

Kawasan Asia Tenggara

Tak hanya memberikan manfaat bagi industri pariwisata, rute penerbangan langsung Palembang-Singapura juga akan memberikan dorongan positif bagi sektor bisnis di kedua kota.

BACA JUGA: Semarak Hari Raya Idul Fitri di Objek Wisata Palembang, Seperti Apa?

Peluang bisnis antarnegara kawasan Asia Tenggara pun akan semakin terbuka lebar.

Palembang, yang kaya akan objek wisata alam, budaya, sejarah, dan kuliner yang memukau, juga memiliki potensi MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

Kota ini telah membuktikan kemampuannya sebagai tuan rumah Asian Games pada Agustus 2018. Melihat potensi pariwisata dan sumber daya alam seperti perkebunan dan pertambangan yang melimpah.

Maka, permintaan akan pembukaan rute penerbangan langsung ke Singapura dan negara-negara kawasan ASEAN menjadi semakin mendesak.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Palembang, Ada Taman Kerajaan Lho

Pesona Kampong Gelam

Sementara itu LIM Si Ting, Direktur Area Indonesia (Surabaya) Internasional Grup STB, menyambut baik ajakan Masata Sumsel dan berkomitmen untuk bekerja sama dalam mewujudkan rute penerbangan tersebut.

Dengan keanekaragaman destinasi wisata menarik yang dimiliki Singapura, pihaknya menyambut para wisatawan dari Palembang dengan tangan terbuka.

Sebagaimana diketahui  Singapura memiliki destinasi seperti ‘Orchard Road’ sebagai pusat perbelanjaan eksklusif, pesona Kampong Gelam dengan arsitektur tradisional Melayu yang khas.

BACA JUGA: Menemukan Ragam Kuliner di Kota Palembang, Namanya Lapis Kojo

Lalu, ada  ‘Little India’ yang memukau dengan kehidupan warna-warni khas India. Serta Tiong Bahru dengan bangunan-bangunan bergaya ‘art deco’ yang memukau, Singapura siap

Sentosa Island, dengan segala atraksinya yang menyenangkan, menawarkan pulau berwarna-warni yang cocok untuk dinikmati seluruh anggota keluarga.

Marina Bay dan Esplanade juga menawarkan pertunjukan-pertunjukan spektakuler yang tak tertandingi, memikat hati dan menghipnotis setiap pengunjung.

Destinasi Eksotis

Menyambut dekade baru, Singapura menargetkan jumlah pengunjung lebih besar lagi dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Berkunjung ke Mini Mania, Bisa Selfie di Bangunan Seluruh Dunia

Dengan adanya rute penerbangan langsung dari Palembang ke Singapura. Target tersebut bukanlah impian belaka, melainkan kenyataan yang dapat diwujudkan.

Dorongan yang diberikan oleh Masata Sumsel untuk mewujudkan kembali rute penerbangan langsung ini membuktikan bahwa pariwisata tidak hanya berbicara tentang destinasi.

Tetapi juga tentang kolaborasi, semangat pantang menyerah, dan dorongan untuk terus maju.

Dengan langkah optimistis ini, mari bersama-sama menyambut hari-hari bahagia, melalui terbang langsung ke destinasi eksotis yang selalu menyimpan pesona dan keindahan di antara kedua negeri ini. ***

Pos terkait