Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Palembang, Ada Taman Kerajaan Lho

Tempat Ngabuburit di Palembang
Bayt Al Quran Al Akbar raksasa yang menjulang tinggi di salah satu pesantren ternama di Kota Palembang/ Instagram.com( @baytalquranpalembang)

TURISIAN.com – Tempat ngabuburit di Palembang menjadi buruan sebagian besar masyarakat selama bulan Ramadhan tahun ini.

Banyak kegiatan yang dilakukan, di saat waktu menjelang buka puasa. Dari sekedar jalan-jalan sore sampai mencari makanan untuk berbuka puasa.

Bukan hanya itu saja, tempat-tempat ngabuburit di Palembang berikut ini juga digemari oleh warga setempat karena destinasi alamnya yang indah dan menenangkan hati.

Dikutip TURISIAN.com- dari Insatagram @charming.palembang pada Sabtu, 23 April 2022, berikut adalah rekomendasi tempat ngabuburit paling populer di Palembang:

1. Bayt Al Quran Al Akbar

Ngabuburit memang paling tepat jika dihabiskan dengan wisata religi seperti yang bisa sobat Turisian lakukan ketika berkunjung ke Pondok Pesantrean Al Ihsaniyah.

Terdapat lembaran mushaf yang tersusun rapi dan menjulang setinggi 15 meter, ini merupakan salah satu koleksi megah dari pesantren yang berlokasi di Jalan Moh, Amin, Gandus, Kota Palembang.

BACA JUGA: Menemukan Ragam Kuliner di Kota Palembang, Namanya Lapis Kojo

2. Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya

Beralamat di Jalan Syakhyakirti, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gandus, Palembang.

Wisatawan bisa menghabiskan waktu senja dengan mengunjungi situs yang terbagi menjadi tiga substitus dengan ukuran yang masing-masing beragam.

Oleh warga setempat lokasi ini dipercaya sebagai pusat kerajaan Sriwijaya karena cukup banyak benda purbakala yang ditemukan di kawasan ini.

Mengenang Perjuangan Rakyat Sumsel

3. Monpera Sumbagsel

Destinasi yang satu ini sangat disarankan bagi para wisatawan yang ingin ngabuburit sambil membangun jiwa patriotik, karena kawasan ini merupakan monumen bersejarah yang digunakan untuk mengetahui serta mengenang perjuangan dari rakyat Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Nasi Penjara, Sepiring Kelezatan Khas Malang Hanya 3 Ribu Per Porsi!

4. Taman Sekanak Lambidaro

Sebenarnya, Taman Sekanak Lambidaro awalnya merupakan bagian dari proyek revitalisasi Sungai Sekanak yang diperkirakan menelan dana sebesar Rp 42 miliar.

Ragam fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola pun mampu menyedot lebih banyak perhatian publik, sehingga taman ini selalu ramai terutama di akhir pekan.

Fasilitas tersebut diantaranya adalah jogging track, bangku taman dengan corak kain songket dan gazebo untuk duduk-duduk santai sambil menunggu waktu berbuka.

5. Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo

Hadir dan dikenal luas sebagai salah satu ikon megah dalam penyebaran agama Islam di Kota Palembang.

Keindahan masjid ini bisa terlihat melalui desain arsitektur yang merupakan perpaduan dari tiga budaya yang unik yakni unsur Eropa, Tionghoa serta Indonesia.

Gaya Eropa terlihat dari pintu masuk utama yang tinggi dan besar. Lalu struktur atap bangunan utamanya menyerupai vihara seperti di Tiongkok. Kemudian juga tampak jelas gaya arsitektur serupa candi yang diterapkan pada undakan masjid.

BACA JUGA: Pempek Hitam Mak Neng, Kuliner Unik Kekinian di Belitung

6. Jakabaring Sport City

Selain berolahraga, tempat ini sangat populer di kalangan kaula muda Palembang yang ingin ngabuburit sambil berburu spot foto keren di kompleks olahraga yang dibangun dalam rangka SEA Games pada 2011 lalu ini.

Cobalah menelusuri Danau Jakabaring jika kalian ingin mendapatkan spot foto yang juga tidak kalah menarik.

7. Taman Kambang Iwak Besak

Jalan-jalan santai sambil berolahraga ringan sambil mengarungi panorama dari danau buatan tentunya akan terasasa sangat mengasayikan, lokasi dengan fasilitas yang mumpuni ini juga kerap digunakan warga setempat untuk menunggu waktu berbuka sambil bersepeda.

Menikmati Aliran Sungai Musi dengan Naik Perahu

8. Plaza Benteng Kuto Besak

Selain di Yogyakarta, Palembang juga memiliki bangunan Keraton yang tidak kalah mempesona yaitu Keraton Benteng Kuto Besak.

Kawasan pelataran yang berada tepat di depan benteng pun telah ditata oleh pemerintah setempat dan menjadikannya sebuah plaza atau alun-alun yang kerap dipadati oleh wisatawan untuk ngabuburit.

BACA JUGA: Yuk Mengenal Sejarah Timah di Museum Timah Indonesia, Pertama di Asia Lho!

9. Sungai Musi

Menjadi ikon dari Kota Palembang yang kehadirannya tidak boleh kalian sia-siakan, dan paling tepat menikmati panorama Sungai Musi sambil menaiki perahu.

Dengan membayar Rp 150.000 hingga Rp 200.000 per rombongan (sekitar 10 orang), kalian akan diantar mengarungi perairan yang telah menjadi saksi dari perkembangan Kota Palembang.

10. Jembatan Ampera

Sudah bukan rahasia lagi jika Jembatan Ampera memang paling asik untuk dikunjungi di sore hari, terutama bagi yang ingin menikmati suasana senja ketika matahari mulai terbenam.

Kehadiran ragam wisata kuliner yang terletak di sekitaran jembatan pun menjadi alasan tersendiri mengapa Jembatan Ampera sangat digemari. ***

Pos terkait