Nasi Penjara, Sepiring Kelezatan Khas Malang Hanya 3 Ribu Per Porsi!

Nasi Penjara
: Nasi penjara, kuliner viral di Kota Malang yang dilengkapi dengan menu pendamping.( Instagram.com/ @deteksi)

TURISIAN.com – Bermodalkan Rp 3.000 saja sobat Turisian bisa menikmati kuliner mengenyangkan bernama nasi penjara di Malang, Jawa Timur.

Namanya cukup ngeri bukan? Tapi kelezatan dari seporsi nasi penjara dijamin akan membuat kalian merindukan Kota Malang.

Nasi penjara khas Malang ini sangat banyak lho penggemarnya, karena selain mengenyangkan, harganya yang luar biasa murah juga tidak kalah mencengangkan.

Dikutip TURISIAN.com- dari kanal Youtube @Nex Carlos pada Rabu, 20 April 2022, sebenarnya penamaan nasi penjara justru berasal dari pelanggan.

Warung Mami Cukam yang beralamat di Jalan Puntodewo Selatan Nomor 4, Kota Malang ini dulunya kerap menjadi langganan para tukang semir sepatu. Dimana saat itu, mereka  hanya memiliki uang pas-pasan.

Namun, dengan berbaik hati sang pemilik tetap melayani mereka dengan uang seadanya. Dan para tukang semir sepatu tersebut akhirnya kerap memesan menu yang sama. Mereka pun menyebutnya sego penjara atau nasi penjara.

BACA JUGA: 6 Makanan Khas Makassar yang Sayang Untuk Dilewati

Seporsi Nasi Penjara dan Menu Lainnya

Sego penjara atau nasi penjara seharga Rp 3.000 adalah harga yang akan kalian keluarkan untuk seporsi atau sepiring kelezatan dari nasi putih hangat. Ditambah, tempe berbumbu, sayuran oseng kacang panjang, oseng mi, serta tambahan kuah pedas manis dan juga sambal.

Cukup melimpah bukan? Tidak mengherankan jika nasi penjara kerap diburu oleh para pekerja khususnya di tanggal tua. Dan untuk rasa tidak perlu ditanya. Karena dijamin membuat kalian ketagihan untuk kembali mencicipinya.

Namun bagi yang masih merasa kurang, tersedia juga aneka pilihan menu lainnya

Seperti nasi babat, usus sapi, rendang ati sapi, kikil, paru, ayam goreng, ayam kecap, kare, usus ayam, rempelo ati tongkol, krengsengan, bandeng serta telur yang semuanya dibanderol kurang dari Rp 10.000.

Jika hanya ingin membeli lauknya saja pun bisa, cukup mengurangi Rp 2.000 saja dari setiap pilihan menu yang ada.

Rasa yang ditawarkan di sini adalah masakan khas rumahan yang sederhana namun kaya akan bumbu yang menggugah selera.

BACA JUGA: Kuliner Ekstrem Khas Indonesia, Berani Coba?

Tujuan dari sang pemilik mematok harga yang sangat murah ternyata adalah supaya semua kalangan bisa tetap mencicipi kelezatan ala rumahan. Jadi mau di tanggal muda maupun tua, setiap orang bisa tetap makan nikmat dengan harga yang sangat terjangkau.

Masakannya pun dikenal tidak pelit akan bumbu, rempah-rempahnya sangat terasa serta potongan dagingnya yang cukup tebal. Dijamin kalian akan senang karena kekenyangan ketika berpetualang rasa di Warung Mami Cukam.

Sambal yang disajikan dibuat dari cabai merah dengan proporsi cabai rawit yang tidak terlalu banyak, sehingga rasanya cukup aman karena tidak terlalu pedas.

BACA JUGA: Menemukan Ragam Kuliner di Kota Palembang, Namanya Lapis Kojo

Ada di Dua Lokasi Berbeda

Usaha makanan rumahan ini sudah dijalankan semenjak tahun 1985, namun lokasi pertama berjualan berada di Pasar Kebalen yang berarti lebih dari 35 tahun sudah Mami Cukam berjualan hidangan ala rumahan.

Barulah kemudian di tahun 2017 sang pemilik membuka cabang di rumahnya yang beralamat di Jalan Puntodewo Selatan.

Kedua tempat tersebut masih beroperasi namun dengan jam operasional yang berbeda.

Untuk cabang  yang berlokasi di Pasar Kebalen buka mulai pukul 24.00 hingga pukul 06.00 dini hari, maka cocok sekali bagi wisatawan yang ingin mencari menu untuk santap sahur.

BACA JUGA: 5 Tempat Kuliner di Kota Tasikmalaya Ini Paling Melegenda

Sementara itu, untuk cabang Warung Mami Cukam yang berlokasi di Jalan Puntodewo Selatan siap melayani pembeli mulai pukul 17.00 hingga 24.00 WIB.

Di cabang terbaru, sang pemilik mendirikan usahanya di depan rumah dengan tempat seadanya berukuran kurang lebih 3 x 2 meter.

Ragam pilihan menu menggugah selera berjajar rapi di atas etalase, dan pembeli bisa menunjuk menu yang diinginkan.

Saat ini dirinya menjalankan usaha kuliner murah meriah tersebut dibantu dengan sang anak beserta beberapa orang pegawai lainnya.

Bagi pengunjung yang ingin wisata kuliner di Malang dengan harga murah meriah, Warung Mami Cukam sangat direkomendasikan. ***

Pos terkait