Potradnas IX 2023, Event Adu Ketangkasan Olahraga Tradisional, Asyiik Nih

Potradnas IX 2023
Engrang, permainan tradisional yang akan juga dipertandingkan di Potradnas IX 2023 di Kuningan, Jawa Barat. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga lagi ngadain Potradnas IX 2023 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Event yang digelar mulai besok, Senin 12 hingga 15 Juni 2023 menghadirkan  beberapa perlombaan tradisonal. Asik banget kan!

Ada banyak peserta keren yang ikut, usianya antara 15 sampe 22 tahun. Mereka bakal ngerasain serunya lima jenis olahraga tradisional yang dipertandingin di Pekan Olahraga Tradisional (Potradnas) IX ini. Yaitu hadang, egrang, sumpitan, terompah panjang, dan gasing.

Tiap peserta bakal mewakilin provinsinya sendiri, dan setiap provinsi cuma bisa ngirim 20 orang. Terdiri dari 19 pegiat dan satu ofisial. Gak sabar nunggu aksinya mereka!

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, olahraga tradisional ini warisan nenek moyang kita yang harus dijaga.

BACA JUGA: Yuk Kita Piknik ke Batu Luhur Kuningan, Banyak Spot Menarik!

“Jadi tugas kita, anak muda, adalah melestarikannya,” kata Dito, Sabtu 11 Juni 2023.

Sementara itu, Deputi Pemberdayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, bilang kalau Potradnas yang diadain setiap dua tahun ini tujuannya buat melestarikan dan mengembangin olahraga asli Indonesia.

“Kita juga pengen ngurangin ketergantungan kita sama game modern yang cuma fokus di gawai,” ungkap Raden.

Sedangkan untuk  medali, totalnya ada 24 medali emas, perak, dan perunggu. Jumlah medali inilah  yang akan  diperebutkan di Potradnas IX 2023. Seru banget, bro!

BACA JUGA: Nikmati Sensasi Camping di Bumi Perkemahan Palutungan Kuningan

Tempat Kuliner

Oh ya, ngomong-ngomong tentang Potradnas IX 2023 di Kabupaten Kuningan, Sobat Turisian mau kasih info tempat kuliner yang asik di sekitarnya.

Tentunya, biar kalian bisa nyicipin makanan enak setelah seru-seruan di acara itu. Cekidot!

Warung Makan Sate Maranggi Cibungur

Tempat ini terkenal sama sate marangginya yang mantap. Cobain deh sate daging sapi yang dipanggang sampe kecokelatan, disajikan dengan bumbu kacang yang gurih. Makanannya enak banget, cocok buat ngisi perut abis olahraga.

Depot Nasi Lengko

Nah ada lagi nih, kalo kalian suka nasi lengko, tempat ini wajib dikunjungin. Nasi lengko di sini keren banget, ada sayur-sayuran segar, tahu, tempe, dan bumbu kacang yang bikin nagih. Tempatnya juga asik, bisa makan sambil ngobrol santai.

BACA JUGA: Curug Sidomba Kuningan, Tempat Wisata Keluarga yang Menyenangkan

Sambal Khas

Warung Nasi Timbel Ibu Euis

Buat yang suka nasi timbel, gue rekomen banget tempat ini. Nasi yang dibungkus daun pisang, tersajikan dengan ayam goreng, ikan asin, tempe, tahu, dan sambel yang pedasnya nendang. Pokoknya rasanya tuh bikin nagih, bro!

Warung Tahu Sumedang Cibadak

Jangan lewatkan kesempatan buat nyobain tahu sumedang  warung ini. Tahu gorengnya renyah  luar, tapi lembut dalamnya

. Bisa tambahin bumbu kacang atau sambel khas, pokoknya enak banget deh.

BACA JUGA: Mengenal Tradisi Sapton dari Kuningan, Lomba Ketangkasan Menombak Sambil Berkuda

Warung Es Krim Danau Biru

Abisin penat di Potradnas dengan es krim enak di warung ini. Mereka punya banyak pilihan rasa, dari yang klasik kayak coklat dan vanila, sampe yang unik kayak durian atau alpukat. Bikin seger dan seneng hati!

Itu dia beberapa tempat kuliner yang recommended di sekitar Potradnas IX 2023 di Kabupaten Kuningan. Jangan lupa cobain makanan khasnya ya, biar liburan kuliner kalian makin seru! ***

Pos terkait