Wisata Ziarah ke Kompleks Makam Raja-raja Tallo di Kota Makassar

Kompleks Makam Raja-raja Tallo Makassar
Kompleks Makam Raja-raja Tallo Makassar. (Source: Dispar Makassar)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang suka wisata ziarah dan budaya, bisa coba menyambangi Kompleks Makam Raja-raja Tallo di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Tempat ini merupakan makam keluarga bangsawan dan Raja Kerajaan Tallo sejak abad XVII sampai dengan abad XIX.

Dulunya, kompleks ini merupakan bukit kecil di tepi laut dan sungai, yang sekarang menjadi permukiman penduduk. Di dalamnya terdapat 81 buah makam dalam keadaan utuh maupun yang sudah rusak. Raja-raja petinggi dari Kerajaan Tallo yang makamnya berada di sini, di antaranya Raja Tallo ke-7 (1598-1641), Raja Tallo ke-9, Raja Tallo ke-12 (1770-1778), Raja Tallo ke-13, dan Raja Tallo ke-15 yang pernah menjadi Raja Gowa ke-30 (1811-1825).

Di Kompleks Makam Raja-raja Tallo pun, Sobat Turisian bisa menemukan makam Mangkubumi Kerajaan Gowa-Tallo, bernama I Malingkaang Daeng Manyonri. Kemudian makam seorang ulama dari Sumatera, bernama Khatib Tunggal Datuk Makmur. Atau populer di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan dengan nama Datuk Ri Bandang.

Baca juga: Benteng Fort Rotterdam Makassar, Bukti Kejayaan Kerajaan Gowa-Tallo

I Malingkaang Daeng Manyonri sendiri merupakan orang pertama yang memeluk agama Islam di Kerajaan Gowa-Tallo yang diislamkan oleh Datuk Ri Bandang. Terjadi pada 22 September 1605 bertepatan pada malam Jumat, 9 Jumadil Awal 1014, dengan gelar Sultan Abdullah Awwalul Islam. Setelah itu menyusul Raja Gowa ke-14, I Mangerangi Daeng Manrabia, dengan gelar Sultan Alauddin.

Akhirnya dua tahun kemudian seluruh rakyat Gowa hampir memeluk agam Islam. Penandanya menggelar upacara Salat Jumat bersama pertama kali di Masjid Tallo pada tanggal 9 November 1607.

Bangunan & Lokasi Kompleks Makam Raja-raja Tallo

Keunikan bentuk bangunan makam-makam kuno pada kompleks tersebut meyerupai konstruksi candi. Terdapat beberapa ragam hias berupa hiasan tumbuhan-tumbuhan, sulur-suluran daun, dan seni kaligrafi (huruf Arab). Sehingga tampak megah dan indah.

Kini Kompleks Makam Raja-raja Tallo ini sudah tercatat sebagai Situs Cagar Budaya di Kota Makassar, Sulsel. Keberadaannya sudah ada sejak abad XVII dan berfungsi sebagai pemakaman kerajaan hingga abad XIX.

Baca juga: 5 Tempat Makan Coto Makassar Rekomended di Kota Asalnya

Lokasi objek wisata religi dan budaya yang satu ini terletak di Jalan Sultan Abdullah No. 3, Kelurahan Tallo Tua, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Berada di wilayah dengan ketinggian 8 meter di atas permukaan laut.*

 

 

Sumber: kebudayaan.kemdikbud & Dispar Makassar

Pos terkait