Mencicipi Parende, Sup Ikan Khas Buton yang Lezat dan Kaya Gizi

Parende Khas Buton
Parende Khas Buton. (Source: Dispar Kab. Buton)

TURISIAN.com – Buton memiliki hamparan laut yang luas, sehingga menghasilkan kekayaan laut yang tidak perlu Sobat Turisian ragukan lagi. Berbekal kekayaan laut itulah, melahirkan banyak ragam kuliner berbahan dasar ikan yang kaya akan gizi. Salah satu yang wajib kalian coba, yakni sup Parende.

Sup ikan berkuah kuning tersebut merupakan menu kuliner populer di Buton, Sulawesi Tenggara yang berbahan utama ikan laut dengan campuran bumbu rempah-rempah. Tidak ada ketentuan khusus untuk jenis ikan yang menjadi bahan dalam pengolahan sup ini.

Namun, masyarakat Buton kerap menggunakan ikan pelagis sebagai bahan utama Parende. Ikan pelagis sendiri bukan merupakan nama jenis ikan, melainkan sebutan untuk ikan yang yang hidup dekat permukaan laut dan hidup secara bergerombol.

Jenis-jenis yang termasuk ikan pelagis, antara lain tuna, cakalang, tongkol, kembung dan sebagainya. Kalau ingin menikmati rasa yang lebih mantap, Sobat Turisian bisa memilih sup ikan khas Buton ini yang berbahan utama ikan kakap merah.

Baca juga: Air Terjun Kandawu Ndawuna Buton yang Memesona dan Memikat Mata

Dulunya hanya masyarakat kalangan atas yang dapat menikmati Parende Kakap Merah. Tetapi seiring perkembangan zaman, sekarang Sobat Turisian bisa menemukannya dengan mudah ketika berwisata ke Buton. Jika penasaran dengan kelezatannya, Sobat Turisian mesti berkunjung langsung ke Buton.

Parende Kakap Merah

Pada dasarnya, kuliner khas Buton yang satu ini merupakan sup ikan bumbu kuning. Umumnya menggunakan bahan ikan pelagis antara lain cakalang, tongkol, dan tuna. Ada pula ikan pelagis kecil, seperti ikan kembung.

Masyarakat Buton juga kerap menggunakan ikan kakap merah untuk masakan Parende. Namun pada masa lampau, ikan kakap merah adalah makanan masyarakat kelas atas di Buton. Para nelayan yang kembali dari melaut biasanya menyerahkan tangkapan kakap merah untuk sultan setempat. Kini lain cerita, kakap merah sudah jadi santapan masyarakat umum.

Baca juga: Segarnya Berenang di Air Biru Danau Maobu Buton yang Cantik

Hidangan sup ikan khas Buton juga biasa tersaji dengan kasoami (ubi kayu). Masakan tersebut merupakan menu makanan yang bakal banyak Sobat Turisian jumpai di seluruh kawasan Buton dan menjadi salah satu menu kuliner favorit keluarga.*

Pos terkait