Bendungan Cikoncang, Alternatif Tempat Liburan Akhir Pekan di Banten

Bendungan Cikoncang
Panorama alam Bendungan Cikoncang Banten. (Source: Dispar Kab. Lebak)

TURISIAN.com – Berencana liburan akhir pekan di wilayah Banten, Sobat Turisian bisa pilih Bendungan Cikoncang. Destinasi wisata waduk ini terletak di dua wilayah kabupaten, yakni Lebak dan Pandeglang.

Tepatnya masuk wilayah Desa Katapang Wanasalam, Kabupaten Lebak dan Desa Curug Ciung serta Desa Cikadongdong di Kabupaten Pandeglang. Bendungan ini cukup besar dan menjadi salah satu objek wisata di Kampung Pasir Nangka, Desa Ketapang Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten.

Bendungan Cikoncang memiliki luas mencapai 2252 hektare. Pengelolaannya berada di bawah Pokdarwis wilayah Desa Katapang, Kabupaten Lebak. Dengan daya tampung wisatawan sebanyak 5.000 sampai 10.000 orang.

Pada awalnya bendungan atau waduk tersebut berfungsi sebagai cadangan persediaan air untuk wilayah sekitarnya. Namun seiring waktu, banyak warga sekitar yang memanfaatkannya untuk budidaya ikan air tawar dalam keramba.

Baca juga: Samaun Hill Park Surga Liburan Keluarga di Kabupaten Lebak

Kini Bendungan Cikoncang merupakan salah satu destinasi wisata dengan daya tarik waduknya yang menarik Sobat Turisian kunjungi bersama keluarga atau teman. Meski belum tertata sempurna, tetapi pesona alamnya cukup cantik dan memanjakan mata.

Tempat ini pun semakin asyik dengan tersedianya berbagai aneka permainan air dan perahu tradisional yang pengelola sajikan. Sehingga Sobat Turisian dapat menikmati keindahan danau dengan aneka ikan air tawarnya.

Selain menikmati pemandangan yang indah, di Bendungan Cikoncang Banten ini pun Sobat Turisian bisa melakukan berbagai aktivitas wisata lainnya. Seperti berkeliling bendungan dengan menggunakan perahu buatan, rakit, maupun perahu bebek.

Sebagai destinasi wisata, bendungan yang satu ini juga sudah menyediakan sejumlah fasilitas pendukung. Di antaranya area parkir yang memadai, rumah makan, homestay, wahana permainan, dan lainnya.

Baca juga: Pantai Pulo Manuk Lebak yang Memesona, Tempat Persinggahan Beragam Burung

Enaknya lagi, berkunjung ke Bendungan Cikoncang Banten tersebut, Sobat Turisian cukup membayar ongkos parkir saja yang sangat terjangkau. Hanya Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.*

 

Pos terkait