Puncak Widosari Yogyakarta, Spot Menikmati Keindahan Alam yang Bikin Jatuh Hati

Puncak Widosari
Puncak Widosari di Kulon Progo, Yogyakarta.

TURISIAN.com – Puncak Widosari di Kulon Progo, Yogyakarta merupakan spot wisata untuk menikmati panorama alam yang bakal bikin jatuh hati. Bagi Sobat Turisian yang gemar hunting foto atau swafoto wajib datang ke tempat ini.

Lokasi objek wisata alam yang satu ini terletak di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Tempat tersebut adalah titik tertinggi dari Bukit Widosari yang merupakan gugusan Pegunungan Menoreh.

Tak hanya panorama alam nan hijau yang tersaji di Puncak Widosari. Sobat Turisian juga akan melihat  bongkahan batu besar yang menambah keunikan dan menjadi ikon objek wisata ini. Tambah lagi view pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu yang tampak eksotik.

Selain pemandangan hijau yang menyejukkan mata, di sini juga terdapat sebuah gardu pandang yang terbuat dari beton. Ukurannya luas dan berpagar besi pengaman, sehingga Sobat Turisian akan merasa aman. Di situ kalian bisa menikmati hamparan alam yang indah, sekaligus sebagai spot foto yang keren dan instagenic banget.

Baca juga: Terpukau Keindahan Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo

Destinasi Puncak Widosari memang tidak terlalu tinggi daripada puncak-puncak lainnya, tetapi cukup menguras tenaga untuk menjangkaunya. Pastikan Sobat Turisian berada dalam kondisi tubuh yang fit untuk datang ke sini.

Akses Tangga Menuju Puncak

Meski terjal, tapi jalan menuju puncak sudah tertata dengan baik sehingga relatif aman. Akses jalan ke tempat tersebut berupa tangga berundak dengan pagar pengaman yang sudah memadai. Ada sekitar 240 anak tangga yang harus kalian naiki untuk sampai di puncak.

Sepanjang tangga naik ke Puncak Widosari, terdapat beberapa titik lokasi yang bisa Sobat Turisian gunakan untuk beristirahat sejenak menghela nafas. Namun tetap harus berhati-hati karena bukit ini sekelilingnya jurang yang lumayan dalam.

Ketika sampai di atas, jamin rasa lelah Sobat Turisian akan cepat sirna, berganti rasa takjub akan keindahan alam yang memesona. Daya tarik lain dari puncak tersebut, yaitu nilai sejarah di dalamnya. Konon tempat ini pernah menjadi lokasi bertapa Pangeran Diponegoro.

Fasilitas Pendukung Wisata

Sebagai tujuan wisata, Puncak Widosari sudah mempunyai fasilitas pendukung yang sudah cukup lengkap. Di antaranya kamar mandi umum, warung makan dan jajanan, musala, area parkir yang luas, hingga penginapan.

Baca juga: Pule Payung Kulon Progo, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket Terbaru

Tersedia pula gazebo yang bisa kalian gunakan untuk bersantai dan beristirahat bersama keluarga atau rekan saat berkunjung ke sini. Kalau tertarik datang ke tempat ini, mesti memantau kondisi cuaca dahulu. Hindari datang di saat hujan karena akses menuju ke sana menjadi licin dan rawan untuk tergelincir.*

 

 

Sumber & Foto: visitingjogja

Pos terkait