Yuk Mengenal Pembuatan Hingga Sejarah Tahu di Kampung Wisata Tahu Bandung!

Kampung Wisata Tahu
Kampung Wisata Tahu Bandung. (dok. bandung.go.id)

TURISIAN.com – Kini Sobat Turisian bisa rekreasi sambil belajar pembuatan hingga mengenal sejarah tahu. Tempatnya di Kampung Wisata Tahu, Babakan Ciparay, Kota Bandung.

Lokasinya di RW 5, Kelurahan Babakan, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat. Di sini Sobat Turisian dapat menyaksikan langsung proses produksi tahu kuning hingga mengenal sejarahnya.

Di Kampung Wisata Tahu, Sobat Turisian juga dapat bertanya seputar proses pembuatan tahu takwa dengan karyawan dan pemilik usaha tahu. Sehingga pulang dari sini, kalian mendapat wawasan baru.

Mengutip dari laman bandung.go.id, Camat Babakan Ciparay, Suparjo menyampaikan, para perajin tahu telah mendapatkan pelatihan. Mulai dari segi kebersihan, produksi, hingga menerima tamu.

“Sekarang sudah dirintis dan ada pelatihan bagaimana membina karyawan pabrik tahu soal kebersihan dan pengolahan tahu,” ungkapnya dalam Podcast Ngariung Potensi Kewilayahan di Kecamatan Babakan Ciparay, Selasa 7 Februari 2023.

“Pengunjung melihat pengolahan dan sejarah tahu. Kita munculkan tahu sebagai tujuan wisata baru, karena lokasinya tidak jauh dari Tol Pasirkoja,” tambah Suparjo.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Bandung yang Instagramable, Pas Buat Liburan!

Bukan hanya pelatihan, kata Suparjo, Kampung Wisata Tahu juga menyediakan penginapan bagi para pengunjung yang ingin bermalam.

“Kita mempersiapkan homestay untuk mereka yang mau tinggal. Kita sudah siapkan detail. Termasuk pelatihan untuk menerima tamu, agar merasa nyaman,” tuturnya.

Selain membuat tahu, di kampung ini juga ada yang meracik olahan makanan lain dari bahan tahu. Seperti tahu goreng, tahu krispi, stik tahu, dan jajanan dari bahan tahu.

“Kita juga menyiapkan jongko untuk memamerkan berbagai produk dari tahu mulai dari keripik, tahu goreng, dan lainnya,” sambung Suparjo.

Ratusan Perajin Tahu

Terdapat lebih dari 200 perajin tahu di Kampung Wisata Tahu tersebut. Sebagian besar profesi ini merupakan warisan turun-temurun keluarganya yang telah menjadi pembuat tahu. Namun ada pula warga yang mulai merintis usaha menjadi pembuat tahu.

Lebih lanjut Suparjo mengungkapkan, bagi masyarakat yang ingin berwisata bisa menghubungi kelurahan dan RW setempat.

Baca juga: 4 Pilihan Staycation di Bandung Yang Menawarkan Suasana Alam 

“Ayo warga silakan datang ke Kampung Wisata Tahu, sebagai tempat wisata baru di Kota Bandung,” ajaknya.*

Pos terkait