Traveling ke Desa Wisata Koja Doi di NTT dengan Panorama Alam yang Aduhai

Desa Wisata Koja Doi
Desa Wisata Koja Doi Kab. Sikka, NTT. (Source: Disparbud Kab. Sikka)

TURISIAN.com – Desa Wisata Koja Doi menempati sebuah pulau kecil di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menyajikan keindahan alam yang aduhai. Bakal membuat Sobat Turisian terkagum-kagum saat traveling ke sana.

Wilayah desa ini meliputi Pulau Koja Doi dan Pulau Besar yang terdapat Dusun Koja Gete dan Margajong. Pada tahun 2019 desa wisata ini berhasil mendapatkan penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dari Kementerian Pariwisata RI.

Begitu tiba di Desa Wisata Koja Doi tersebut, pandangan Sobat Turisian akan langsung tertarik dengan keindahan panorama alam dan sebuah jembatan alami sebagai penghubung antara Pulau Koja Doi dan Pulau Besar. Jembatan tersebut, memiliki panjang mencapai 680 meter yang terbuat dari susunan bebatuan.

Uniknya, jembatan tersebut pembangunannya menggunakan dengan konsep dan cara tradisional oleh warga setempat. Di mana batu tersusun bertumpuk di tengah laut tanpa beton.

Spot jembatan batu ini pun menjadi salah satu spot foto favorit di Desa Wisata Koja Doi. Di situ Sobat Turisian bisa berswafoto atau foto bareng dengan latar bukit dan perairan laut berwarna biru dan hijau yang bening.

Baca juga: Wisata ke Pantai Koka di Kabupaten Sikka yang Indah Tiada Tara

Tak hanya jembatan, Sobat Turisian juga bisa menikmati dan mengambil foto di sebuah tumpukan batu. Masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Bukit Batu Purba. Bebatuan hitam berukuran besar ini bertumpuk membentuk bukit batu setinggi 50 meter dan seluas 700 m² berbentuk bulat telur.

Spot Bukit Batu Purba

Dari puncak Bukit Batu Purba, Sobat Turisian bisa menyaksikan keindahan lanskap Desa Wisata Koja Doi dan lautannya yang jelas dan begitu aduhai indahnya. Menjadikan bukit batu ini instagramable banget karena keunikannya.

Buat Sobat Turisian pecinta keindahan bawah laut, cocok sekali datang ke sini. Kalian dapat menikmati panorama alam bawah laut tersebut dengan snorkeling maupun menyelam. Selain itu, dengan berenang saja sudah bisa melihat bawah laut karena airnya yang jernih.

Lokasi & Akses Menuju Desa Wisata Koja Doi

Desa ini termasuk sebagai salah satu destinasi wisata di dalam kawasan Taman Wisata Alam Laut Teluk Maumere (TWAL). Lokasinya terletak di wilayah Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Pantai Hi’a NTT yang Memesona dengan Keunikan Tiga Warna Pasir

Karena desa ini berada dalam wilayah kepulauan, Sobat Turisian hanya bisa menjangkaunya dengan menggunakan transportasi laut. Salah satunya bisa menaiki perahu motor cepat dengan jarak tempuh sekitar 35 menit.*

Pos terkait