Keren, Kabupaten Rote Ndao Punya Objek Danau Laut Mati yang Menakjubkan

Danau Laut Mati
Danau Laut Mati di Rote Ndao, NTT. (Source: Pemkab Rote Ndao)

TURISIAN.comKabupaten Rote Ndao di Nusa Tengara Timur (NTT) punya objek wisata yang unik dan keren. Tempatnya yaitu Danau Laut Mati, yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi selain Pantai Nemberala yang sudah mendunia.

Daya tarik danau tersebut, berupa gumpalan-gumpalan putih air laut yang membeku indah. Ajaibnya, meski rasa air danau tersebut asin tetapi ikan yang hidup di dalamnya termasuk jenis ikan tawar seperti mujair.

Di Danau Laut Mati Pulau Rote ini, Sobat Turisian bisa bersenang-senang mengarungi danau dengan jetski untuk mengelilingi pulau-pulau kecil yang berada di dalamnya. Di sekitarnya, tampak pula bukit yang menjorok masuk ke pantainya yang berpasir putih halus. Lalu ada hutan mangrove dan karang terjal di beberapa pesisirnya menambah pesona tempat ini.

Bergeser ke sebelah barat, tedapat bukit kecil yang cukup tinggi untuk melihat keseluruhan isi danau tersebut. Di sinilah Sobat Turisian bisa menikmati sunrise dari balik atol yang menyerupai pulau kecil di tengah lautan luas.

Baca juga: Cantiknya Telaga Nirwana Rote Ndao dengan Airnya yang Jernih

Latar belakang Danau Laut Mati ini berupa buih-buih putih di tepian pasir pantai, celah-celah dan puncak karang. Kemudian di atas semak perdu di sekeliling danau, benar-benar sangat memukau. Sobat Turisian bakal merasakan suasana kehidupan dua musim sekaligus di sini, musim salju dan musim kemarau.

Untuk menikmati keindahan buih-buih tersebut, Sobat Turisian mesti datang di malam atau pagi hari. Karena fenomena ini hanya terjadi pada malam hingga pagi sekitar jam 08.00 WITA. Selebihnya akan hilang karena angin kering siang hari yang kencang.

Dengan panjang hampir 4 km dan lebar lebih kurang 3 km, menjadikan danau ini sangat unik dan berbeda dari danau-danau lain yang berada di Pulau Rote. Airnya mengikuti siklus air laut, saat pasang akan penuh dan ketika air laut surut di danau ini pun ikut surut.

Lokasi Danau Laut Mati 

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Sotimori, Kecamatan Landu Leko, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sobat Turisian bisa menempuhnya dari ibu kota kabupaten dengan perjalanan darat.

Baca juga: Mulut Seribu di Pulau Rote NTT Mirip Raja Ampat, Sama-sama Indah Menakjubkan

Jarak Danau Laut Mati dari Kota Ba’a, ibu kota Kabupaten Rote Ndao, sekitar 65 km. Dengan durasi perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.*

Pos terkait