Traveling ke Pantai Oeseli, Hidden Gem di Rote Ndao

Pantai Oeseli
Pantai Oeseli di Rote Ndao, NTT. (Source: Pemkab Rote Ndao)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian mencari pantai yang masih alami dengan ombak yang tenang, bisa coba datang ke Pantai Oeseli. Lokasinya berada di Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Letak pantai ini berada di ujung pulau, sehingga sedikit tersembunyi dan tak cukup banyak orang yang mengetahuinya. Tak heran kalau tempat ini banyak yang menyebutnya sebagai hidden gem di Rote Ndao.

Dengan daya tarik pesona alaminya, Pantai Oeseli juga kerap ramai anak muda dari desa setempat yang nongkrong asyik di sini pada hari libur. Mereka pun tampak santai dan asyik berburu foto-foto cantik nan eksotik di pantai ini.

Ombaknya yang cenderung lebih tenang dengan gelombang yang tidak besar, membuat pantai ini sangat nyaman untuk melakukan aktivitas berenang atau sekadar bermain air. Buat Sobat Turisian yang malas berbasah-basahan, bisa duduk-duduk santai di tepi pantai menikmati keindahan pemandangan sekitarnya.

Baca juga: Terpukau dengan Keindahan Pantai Nemberala di Kabupaten Rote Ndao

Belum banyaknya wisatawan yang datang, berdampak baik untuk Pantai Oeseli karena pantainya masih belum tercemar. Padahal, ombak di pantai ini tidak besar sehingga nyaman untuk berenang atau snorkeling menikmati keindahan bawah laut.

Bergeser masuk ke dalam desa di situ, Sobat Turisian dapat melihat sebuah perkampungan yang penuh dengan jemuran rumput laut. Hampir seluruh penduduk Oeseli berprofesi sebagai petani rumput laut. Selain itu, sebagian warga sekitar juga membuat air gula.

Akses Menuju Pantai Oeseli

Untuk menuju objek wisata pantai yang satu ini, Sobat Turisian bisa berangkat dari Nebrala menggunakan kendaraan bermotor. Jarak yang harus kalian tempuh sekitar 20 kilometer, dengan durasi perjalanan kurang lebih satu jam.

Sayangnya, di destinasi Pantai Oeseli Rote Ndao ini belum tersedia fasilitas penunjang apapun. Hanya terdapat beberapa warung kecil di desa yang menjual minuman dan makanan ringan.

Baca juga: Sasando, Alat Musik Berdawai dari Pulau Rote yang Hasilkan Nada Merdu

Bagi Sobat Turisian yang berminat untuk bermalam kala berlibur di pantai ini, bisa menuju Nembrala. Karena di sana lebih banyak pilihan penginapan dengan harga yang bervariatif dan masih terjangkau.*

Pos terkait