Berkunjung ke Desa Wisata Karangsambung Kebumen

Desa Wisata Karangsambung
Desa Wisata Karangsambung, Kebumen. (Source: Disparbud Kebumen)

TURISIAN.com – Berkunjung ke Desa Wisata Karangsambung, Kebumen, pas banget buat liburan Sobat Turisian bersama keluarga. Keistimewaannya, kawasan ini terkenal sebagai surganya batuan. Karena memiliki situs batuan terlengkap di Asia Tenggara. Namun keindahan alamnya tidak hanya dari segi batuan.

Desa wisata ini berlokasi di utara Kota Kebumen, berjarak sekitar 19 km. Sobat Turisian dapat menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan. Selama kurang lebih 45 menit dari pusat kota Kebumen.

Terbentuknya Desa Wisata Karangsambung yang unik menjadikan kawasan tersebut memiliki keindahan bentang alam dan panorama pegunungan yang sangat indah. Lengkap dengan atraksi kesenian budaya masyarakatnya yang tetap lestari hingga saat ini.

Di desa wisata yang satu ini, Sobat Turisian juga bisa menikmati beragam spot wisata yang menarik. Di antaranya Wisata Alam Bukit Pentulu Indah, River Tubing, Fenomena Batu Watutumpang, dan Kawasan Bukit Talun. Objek-objek wisata itu pun menyajikan spot foto yang eksotik dan instagenic.

Baca juga: Menyusuri Keindahan dalam Gua Petruk Kebumen yang Menakjubkan

Ada pula atraksi seni kebudayaan yang sering Desa Wisata Karangsambung sajikan. Antara lain seni Kuda Kepang, Jamjaneng, Calung, Menoreng, dan Wayang Kulit, serta kuliner khas setempat yaitu Iwak Wader.

Tak hanya itu, di sini pun tersedia sejumlah produk desa wisata lainnya. Seperti Wisata Alam Bukit Pentulu Indah, Tubing Sungai Lukulo, Kesenian Menoreng dan Kuda Lumping. Lalu ada lagi kuliner Nasi Bucu Khas Karangsambung, Wahana Outbond dan Wahana ATV, Edukasi Pembuatan Kerajinan Tangan dari Batu dan Batok Kelapa, serta Pembuatan Jahe Merah Instan.

Baca juga: Habiskan Waktu Liburan di Pantai Karangbolong Kebumen yang Indah

Liburan Sobat Turisian di desa wisata Kebumen ini pun semakin nyaman dan betah karena sudah ada dukungan fasilitas yang memadai. Mulai dari Paket Wisata Desa Karangsambung yang meliputi wisata alam, tubing, kesenian budaya, dan kuliner. Fasilitas homestay, balai pertemuan, dan lainnya.*

 

Pos terkait