Tak Ada Lagi Persyaratan, Penumpang Kereta Api Melonjak Jadi 1 Juta Orang

Penumpang Kereta Api
Para penumpang kereta api sibuk bergegas menuju Stasiun Manggarai. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – Setelah tidak ada lagi persyaratan perjalanan, PT Kereta Api Indonesia (KAI ) mencatat adanya lonjakan penumpang kereta api. Angkanya, mencapai hingga  1.095.714 pelanggan selama masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kenaikan jumlah penumpang itu terjadi untuk pengguna  kereta api (KA) jarak jauh, perikde tanggal 22-29 Desember 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa selama delapan hari tersebut, KAI melayani rata-rata 136.964 pelanggan per hari.

Dengan keterisian tempat duduk mencapai 102 persen dalam sehari.

BACA JUGA: Tiket Kereta Api Bukit Serelo Ludes Terjual Hingga 31 Desember

“Jumlah ini juga mengalami kenaikan sebesar 204 persen dibanding periode yang sama di tahun 2021,” kata Joni dalam keterangan persnya,  Jumat 30 Desember 2022.

Penyebab Terjadinya Lonjakan Penumpang

Menurut Joni, peningkatan ini diperkirakan terjadi lantaran perubahan persyaratan naik KA, yang tidak lagi memberlakukan syarat screening Covid-19 melalui Antigen atau PCR.

Di samping itu, kapasitas angkut juga telah diperbolehkan menjadi 100 persen. Serta meningkatnya mobilitas masyarakat yang diiringi penambahan jumlah perjalanan KA secara keseluruhan.

Sebagai informasi sampai 30 Desember 2022, total tiket KA jarak jauh yang telah terjual untuk masa Angkutan Nataru (22 Desember 2022-8 Januari 2023).

BACA JUGA: Ayo Naik Kereta Api Wisata Biar Liburan Akhir Tahun Kalian Lebih Seru!

Yaitu sebanyak 1,6 juta tiket atau sekitar 69 persen dari kapasitas yang disediakan, yaitu 2,4 juta tempat duduk.

“Jumlah tersebut akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung, tiket KA masa libur Natal dan tahun baru 2023 masih cukup banyak tersedia,” lanjutnya.

Adapun relasi yang menjadi favorit penumpang antara lain rute Jakarta-Yogyakarta PP, Jakarta-Solo PP, Jakarta-Surabaya PP.

Kemudian, Jakarta-Purwokerto PP, Bandung-Surabaya PP, Yogyakarta-Surabaya PP, Yogyakarta-Banyuwangi PP, dan lainnya.

BACA JUGA: Nih Aturan Berfoto di Stasiun Kereta Api yang Harus Kamu Taati!

Pada masa angkutan Nataru ini pula, KAI memberikan peningkatan pelayanan di antaranya hadirnya Kereta Panoramic.

Kereta Panoramic merupakan kereta inovasi KAI yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya. Dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

“Berbagai peningkatan pelayanan akan terus kami hadirkan. Ini agar perjalanan Anda saat menggunakan Kereta Api pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 makin bermakna dan berkesan,” tutup Joni. ***

Sumber: Kompas.com

Pos terkait