Rasakan Kelezatan Sate Ambal, Kuliner Khas Kebumen

Sate Ambal Kebumen
Sate Ambal Khas Kebumen. (Source: Disparbud Kab. Kebumen)

TURISIAN.com – Ketika Sobat Turisian berkesempatan berkunjung ke Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, jangan lewatkan untuk mencicipi khazanah kuliner khasnya. Salah satu yang wajib kalian coba yaitu Sate Ambal.

Sate berbahan utama daging ayam terutama ayam kampung. Hidangan ini merupakan salah satu jenis kuliner khas Kebumen yang namanya sudah familiar. Terutama di kalangan penggemar makanan sate.

Sesuai dengan namanya, sate ini berasal dari sebuah desa di Kebumen, yakni Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal. Saat ini, Sate Ambal dapat Sobat Turisian jumpai di sejumlah warung makan yang ada di Jalan Daendels Ambal.

Kawasan tersebut merupakan salah satu jalan alternatif untuk menjangkau beberapa daerah lain seperti Purwokerto, Cilacap, dan Yogyakarta. Sehingga Sobat Turisian akan mudah menemukan penjual sate ini saat berkunjung ke Kebumen.

Baca juga: Sarapan Pagi Nikmat dengan Nasi Penggel Khas Kebumen

Pada dasarnya, Sate Ambal Kebumen sangat berbeda jika membandingkannya dengan sate lain yang lebih mengutamakan dan mengandalkan penggunaan bumbu kacangnya. Ciri khas sate ini sendiri terdapat pada cara pengolahan dan bumbunya.

Bumbu pada sate khas Kebumen tersebut agak lebih encer, berwarna kuning tua kecokelatan dan sepintas terlihat seperti kuah masakan Padang. Istimewanya lagi, bumbu ini terbuat dari tempe rebus yang sudah halus.

Proses Pengolahan Sate

Dalam pembuatan Sate Ambal Kebumen, ada proses pengolahan bahan daging ayam bersama dengan bumbu. Kemudian sate bakar di atas bara api hingga cukup matang dan beraroma khas.

Namun sebelum membakarnya, bahan daging ayamnya sudah pedagang masak terlebih dahulu. Jadi daging sate khas Kebumen ini akan terasa lebih gurih dan memiliki tekstur yang lembut kendati belum membakarnya sekalipun.

Baca juga: Menikmati Beragam Daya Tarik Desa Wisata Peniron Kebumen

Begitu membakarnya aroma khas dari Sate Ambal Kebumen ini pun sangat terasa menggiurkan untuk segera Sobat Turisian cicipi. Cita rasanya manis, pedas, dan gurih dengan aroma wangi rempah yang menggugah selera dengan rasa dan aroma tempenya yang tidak terasa lagi. Jamin deh kalian akan ketagihan dengan kelezatannya yang khas dan autentik banget!*

 

 

Pos terkait