Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, Pilihan Wisata Alam Jakarta yang Memesona

Pulau Kelapa Kepulauan Seribu
Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, Jakarta. (Source: jadesta.kemenparekraf)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang ingin liburan di pantai dan tak jauh dari Jakarta, bisa berkunjung ke Pulau Kelapa Kepulauan Seribu. Di sini terdapat deretan pulau-pulau yang menyuguhan keindahan alam dan pesona alam bawah laut yang aduhai.

Pulau yang berkembang menjadi Desa Wisata ini pun menjadi nama kelurahan yang terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Di wilayah kelurahan ini terdapat 36 pulau, 2 pulau ada penduduknya dan 34 pulau tidak berpenghuni.

Liburan di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu ini, Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Berupa lanskap pantai dan keindahan bawah lautnya yang menjadi ekosistem aneka biota laut.

Sesuai namanya, pulau ini memang terdapat banyak tumbuh pohon kelapa. Sehingga nuansa khas pantai dengan jejeran pohon kelapa bisa Sobat Turisian rasakan. Pulau seluas sekitar 13 hektar ini juga menawarkan keindahan alam khas kepulauan.

Mulai dari air laut yang biru dan jernih, hamparan pasir putih bersih, serta habitat terumbu karang yang menjadi idola para snorkeler dan divers dari seluruh pelosok negeri. Jamin Sobat Turisian akan puas dan senang liburan di Pulau Kelapa Jakarta ini.

Baca juga: Selain Pantai, Benteng Martello Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Pulau Seribu

Keunggulan lainnya, yakni kawasan desa wisata ini berada di Kepulauan Seribu sesuai Peraturan Pemerintah sebagai KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional). Bahkan sudah mendapatkan penghargaan Asian Heritage Park, serta satu-satunya Taman Nasional Laut yang berada di Ibu Kota Negara Indonesia.

Aktivitas Wisata di Pulau Kelapa Kepulauan Seribu

Selama liburan di desa wisata ini, Sobat Turisian bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang seru. Di antaranya sport water snorkeling dan diving. Ada beberapa spot snorkeling dan diving yang lokasinya berdekatan dengan Pulau Kelapa.

Di antara yang terbaik, ada spot snorkeling di Pulau Dolphin, Pulau Putri, Pulau Macan Gundul, dan Pulau Genteng Kecil. Sobat Turisian akan puas melihat lebih dekat kehidupan bawah laut sekitar Pulau Kelapa. Di mana biota-biota lautnya sangat beraneka ragam dan terumbu karangnya masih terpelihara.

Aktivitas berikutnya, kalian bisa melakukan Island Hopping. Paket wisata ini akan mengajak Sobat Turisian keliling pulau dengan mengendarai kapal tradisional milik penduduk setempat. Rute island hopping yang paling populer, dari pulau ini akan menuju ke Pulau Bulat, Pulau Bira Besar, dan Pulau Perak.

Tak sampai di situ, aktivitas yang tak kalah seru yaitu mencoba sensasi naik Perahu Wisata Pulau Kelapa Kepulauan Seribu. Aktivitas ini sebenarnya hampir sama dengan island hopping. Namun biasanya sajiannya lebih santai dan eksklusif.

Baca juga: Piknik Yuk ke Pulau Pelangi yang Memesona di Utara Jakarta!

Kegiatan tersebut berlangsung menjelang sore hari, sehingga Sobat Turisian bisa langsung melihat keindahan pulau-pulau sekitarnya sambil menunggu senja. Perahu Wisata ini biasanya tidak disertai aktivitas seperti snorkeling, tapi hanya melihat-lihat keindahan laut dan pemandangan senja di laut terbuka.

Potensi Budaya di Desa Wisata Pulau Kelapa

Di luar keindahan alamnya, keberagaman budaya Desa Wisata Pulau Kelapa juga menarik untuk Sobat Turisian ketahui dan lihat langsung. Dari mulai aneka kuliner, religi, suku, bahasa, dan adat istiadat yang menjadi daya tarik tersendiri.

Berkat berbagai potensi tersebut, tak heran kalau banyak yang bilang bahwa pulau ini menjasdi miniaturnya Indonesia. Percampuran budaya di desa wisata ini menghasilkan budaya baru, tentu saja tanpa menghilangkan budaya asalnya. Salah satu contohnya adalah prosesi pernikahan.

Akses Menuju Pulau Kelapa Kepulauan Seribu

Akses menuju ke destinasi pulau ini, Sobat Turisian bisa menyeberang melalui Pelabuhan Kaliadem dan Pelabuhan Marina Ancol. Pelabuhan tersebut pun sangat dekat dari Bandara Soekarno-Hatta, dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.

Dari Kaliadem jarak menuju ke Desa Wisata Pulau Kelapa berkisar 40 mil atau sekitar 3 jam menggunakan kapal tradisional. Sedangkan dari Pelabuhan Marina Ancol sekira 1 jam 30 menit menggunakan kapal speed boat.

Baca juga: TWA Angke Kapuk, Wisata Alam di Jakarta yang Bikin Fresh

Sebagai tujuan wisata, pulau ini juga sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung pariwisata. Seperti ATM, kios suvenir, sarana ibadah berupa musala, area selfie, warung makan, area Wi-Fi, dan tempat penyewaan alat. Serta tersedia pula aneka pilihan paket wisata yang menyenangkan.*

 

Pos terkait