Pantai Bidara, Objek Wisata Kulon Progo yang Cocok Buat Liburan Keluarga

Pantai Bidara
Pantai Bidara di Kulon Progo, DIY. (Source: Dinpar Kulon Progo)

TURISIAN.com – Menghabiskan masa libur akhir pekan atau liburan besar lainnya bersama keluarga di Yogyakarta memang menjadi pilihan yang mengasyikkan dan tak pernah bosan. Pasalnya banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa Sobat Turisian kunjungi, dari gunung hingga pantai ada. Seperti objek Pantai Bidara di Kabupaten Kulon Progo.

Objek wisata pantai yang satu ini terkenal dengan pantainya yang bersih dan suasananya yang tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Paling utama yaitu panorama alamnya yang memesona, terlebih saat momen sunset tiba.

Selain pesona keindahannya, di Pantai Bidara Sobat Turisian juga bisa mencoba dan menikmati berbagai aktivitas yang menarik. Seperti piknik bersama keluarga, camping di tepi pantai, atau hunting foto-foto ciamik dan instagenik.

Satu lagi yang tak boleh Sobat Turisian lewatkan saat berkunjung ke pantai ini, yaitu wisata kulinernya. Berada tak jauh dari pantai tersebut, kalian bisa mencicipi berbagai kuliner yang terkenal di Kulon Progo. Di antaranya “Geblek” dan “Tempe Benguk” yang mudah kalian temukan di area jalan raya.

Tempat Bertapa Sultan Hamengkubuwono IX

Di luat keindahan alamnya, Pantai Bidara Kulon Progo ini memiliki kedudukan yang skaral di masyarakat Yogyakarta khususnya. Pantai yang baru buka untuk umum pada awal tahun 2021 ini, masyarakat setempat mempercayainya mempunyai sumbu imaginer. Dengan Monumen Nyi Ageng Serang, Kantor Bupati Kulon Progo dan dataran tertinggi di Kabupaten Kulon Progo yaitu Puncak Suroloyo.

Baca juga: Pule Payung Kulon Progo, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket Terbaru

Pantai ini juga diyakini merupakan tempat bertapa Sultan Hamengkubuwono IX semasa hidupnya. Nuansa yang tenang dan damai membuatnya sangat tepat untuk bertapa. Nah kalau masa kini, pantai ini cocok sekali buat healing atau refreshing melepas kepenatan.

Lokasi & Fasilitas Pantai Bidara

Destinasi wisata pantai ini terletak di Jl. Pantai Bugel, Kelurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Namun waktu terbaik untuk berkunjung ke sini, yaitu pukul 06.00-10.00 WIB, dimana Anda bisa melihat pemandangan sunrise di pantai ini.

Sementara untuk fasilitas wisata di Pantai Bidara ini sudah cukup memadai. Di antaranya ada area parkir yang cukup luas, musala, toilet yang bersih, warung makan, spot foto, dan lainnya.

Baca juga: Sungai Mudal Kulon Progo Sajikan Air Alami yang Segar dan Panorama Menawan

Bagi Sobat Turisian yang ingin masuk ke pantai ini, mesti membeli tiket dengan harga hanya sekitar Rp5.000 per orang. Untuk tarif parkir roda dua Rp3.000 dan roda empat sebesar Rp5.000. Harga ini sewaktu-waktu bisa berubah ya Sob!*

 

Pos terkait