Rekreasi Sambil Edukasi ke Museum Sejarah Jakarta di Kawasan Kota Tua

Museum Sejarah Jakarta
Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua Jakarta.

TURISIAN.com – Kawasan Kota Tua Jakarta pasti bagi sebagian Sobat Turisian sudah tak asing lagi. Tetapi saat liburan akhir pekan nanti tak ada salahnya untuk berkunjung kembali, terlebih bagi kalian yang belum pernah. Nah yang menjadi spot favoritnya ada Museum Sejarah Jakarta atau lebih terkenal dengan sebutan Museum Fatahillah.

Tempat rekreasi edukasi ini, dulunya merupakan Gedung Balai Kota di era pemerintahan VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie). Museum ini memiliki arsitektur bangunan bergaya Neoklasik yang menyerupai Istana Dam di Amsterdam.

Bangunan Museum Sejarah Jakarta terdiri dari tiga lantai dengan cat berwarna kuning tanah, serta kusen pintu dan jendela dari kayu jati berwarna hijau tua. Selain itu, museum ini juga memiliki petunjuk arah mata angin ikonik pada bagian atap utamanya.

Museum Fatahillah ini terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat. Serta bangunan sanding yang berfungsi sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah untuk penjara. Pekarangannya terbuat dari susunan konblok dengan sebuah kolam dengan desain berkubah yang unik.

Baca juga: Yuk Rekreasi Sambil Edukasi ke Museum Taman Prasasti Jakarta!

Di Museum Sejarah Jakarta Sobat Turisian bisa melihat peninggalan-peninggalan masyarakat Belanda yang bermukim di Batavia sejak awal abad XVI yang mendominasi. Di antaranya mebel, perabot rumah tangga, senjata, keramik, peta, serta buku-buku.

Namun seiring berjalannya waktu, koleksinya pun bertambah, seperti replika perjalanan sejarah Kota Jakarta dari masa Batavia. Kemudian ada replika peninggalan masa kerajaan Tarumanegara dan Padjajaran, serta hasil penggalian arkeologi di Jakarta dan berbagai batu prasasti.  Kurang lebih terdapat 23.500 koleksi barang, baik dalam bentuk benda asli maupun replika yang bisa Sobat Turisian lihat di museum ini.

Jam Operasional & Harga Tiket Museum Sejarah Jakarta

Museum Fatahillah Jakarta ini buka untuk umum setiap hari. Untuk hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Minggu buka dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Lalu Jumat buka dari pukul 09.00 – 13.30 WIB dan Sabtu buka mulai dari pukul 09.00 – 13.00 WIB. Sedangkan Senin dan Hari Besar museum ini tutup.

Baca juga: Belajar Mengenal Budaya Betawi di Kampung Wisata Setu Babakan Jakarta

Sementara untuk harga tiket masuk Museum Sejarah Jakarta ini tergantung dari tingkatan usia. Untuk pengunjung dewasa sekitar Rp5.000, anak-anak atau pelajar Rp2.000, dan mahasiswa Rp3.000.*

 

 

Sumber & Foto: jakarta-tourism`

Pos terkait