Warna-Warni di Embung Pelangi Nglarangan Temanggung yang Memikat Hati

Embung Pelangi Nglarangan Temanggung
Embung Pelangi Nglarangan Temanggung. (Source: media center Kab. Temanggung)

TURISIAN.com – Berkunjung ke Temanggung, Sobat Turisian sempatkanlah mampir ke tempat wisata Embung Pelangi Nglarangan. Sebuah danau indah dengan sajian warna-warni tanaman hias dan bunga-bunga cantik yang memikat hati, terpantul di bayangan air yang mengalir tenang.

Sedikit cahaya matahari menyembul dari balik dedaunan membuat warna-warna yang ada terpancar ceria, serupa pesona warna pelangi. Itulah yang menjadi alasan kenapa embung ini mendapat sebutan pelangi. Suasana akan lebih eksotis lagi saat malam hari.

Beragam tanaman hias dan bunga-bunga yang berwarna-warni tersebut tumbuh di sekitar Embung Pelangi. Lokasi objek wisata ini terletak di Desa Nglarangan, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Selain pesona warna-warninya, ada keistimewaan lain dari Embung Pelangi Nglarangan yang bisa Sobat Turisian nikmati. Yaitu pemandangan alam dengan latar Gunung Prau dengan pepohonan yang membuat suasana alam yang segar. Karena letak embung ini pun berada di dataran tinggi sekitar 1400 mdpl.

Baca juga: Wisata Alam Posong Temanggung, Sajikan Pesona Delapan Gunung

Mengutip dari laman mediacenter.temanggungkab, menurut Camat Tretep Taufik Nurprianto, embung ini berdiri pada tahun 2008 dengan luas 6.000 meter persegi.  Semula pembangunan embung bertujuan untuk kepentingan pertanian. Dapat mengairi areal pertanian sejauh 500 meter atau kurang lebih 10 hektare.

“Namun pada perkembangannya, lokasi embung dikembangkan menjadi tempat wisata, karena pemandangannya menakjubkan dengan latar Gunung Prau. Wisatawan juga sudah banyak yang berkunjung ke embung,” tutur Taufik.

Akses & Fasilitas Wisata Embung Pelangi Nglarangan

Untuk menuju ke objek wisata Temanggung yang satu ini, Sobat Turisian akan menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Temanggung. Kondisi jalannya cukup bagus dengan aspal dan makadam.

Perjalanan ke Embung Pelangi Nglarangan dapat Sobat Turisian lalui dengan kendaraan roda empat milik pribadi atau sewaan. Sebab saat ini belum tersedia transportasi umum untuk sampai ke sana.

Baca juga: Piknik Asik Menikmati Keindahan Alam Sigandul View Temanggung

Sementara untuk fasilitas dan wahana pendukungnya, pemerintah desa setempat telah melengkapinya. Di antaranya ada camping ground, flying fox, becak air, dan gazebo untuk istirahat.

Sobat Turisian yang datang ke Embung Pelangi Nglarangan mesti membayar tiket masuk yang terjangkau, hanya sekitar Rp. 5.000 per orang. Jika ingin menjajal wahana wisata yang ada, kalian harus bayar lagi dengan tarif yang berbeda-beda.*

Pos terkait