Wisata Alam Posong Temanggung, Sajikan Pesona Delapan Gunung

Wisata Alam Posong
Salah satu spot foto di wisata alam Posong. (source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Tempat wisata alam Posong di Temanggung, popularitasnya kian meningkat. Berkat keindahan alam yang tersaji di sana sangat memesona dan memanjakan mata para wisatawan.

Posong terletak di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dengan lanskap alam perbukitan, dataran tinggi, dan lembah. Lokasi tersebut masuk wilayah Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa tengah.

Posisinya ada di kaki Gunung Sindoro, maka tak heran jika hawanya cukup dingin, sekitar 10-19 derajat celcius. Istimewanya, tempat wisata Temanggung ini menyuguhkan panorama berupa puncak 8 gunung di Jawa Tengah. Dengan catatan, kondisi cuacanya harus sedang cerah.

Delapan puncak gunung tersebut, antara lain Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Gunung Lawu, dan Gunung Ungaran.

Sobat Turisian pecinta wisata selfie atau fotografi, wajib datang ke sini. Khususnya yang gemar berburu foto milky way di langit malam. Sebab, lokasi Posong yang berada di ketinggian di atas 1000 mdpl.

Golden Sunrise di Posong

Tak sampai di situ, wisata alam Posong juga menjadi tempat terbaik di Temanggung untuk menyaksikan momen terbit matahari (sunrise). Saat sunrise berlangsung, Sobat Turisian akan dimanjakan dengan pesona golden sunrise, berlatar delapan puncak gunung, pllus bonus lautan awan

Baca juga: 11 Event Unggulan CoE Jawa Tengah Tahun 2022

Atraksi alam tersebut biasanya mulai pukul 05.30 WIB. Maka jika tertarik melihatnya, Sobat Turisian sebaiknya sudah masuk ke area Posong pada pukul 04.00 WIB. Karena perjalanan dari bawah atau pintu masuk membutuhkan waktu selama satu jam. Belum lagi harus memilih spot terbaik untuk menyaksikan pesona golden sunrise.

Sayangnya, fenomena golden sunrise yang menakjubkan ini, hanya bisa Sobat Turisian nikmati saat cuaca cerah. Bila berkunjung saat musim hujan, maka kabut akan lebih sering membalut.

Namun tak usah kecewa, sebab kabut tebalnya justru membuat kawasan ini menjadi indah. Bahkan lebih eksotis dan udaranya pun menjadi lebih sejuk.

Spot Selfie di Wisata Posong

Di sana pun sudah tersedia sejumlah spot selfie, favoritnya di spot Gardu Pandang. Tempat berfoto dengan latar Gunung Sumbing dan lembahnya. Ada papan kayu yang jika disusun akan membentuk kata Posong sebagai aksesori saat foto.

Ada lagi spot foto dengan tulisan Posong besar berlatar belakang Gunung Sindoro. Kemudian ada spot sayap kupu-kupu. Sebenarnya, semua titik di Posong juga bisa menjadi spot berfoto instagenik terbaik. Tapi ingat, tetap berhati-hati ya karena medan jalan yang cukup terjal.

Berbagai fasilitaspun sudah melengkapi tempat wisata Temanggung ini, seperti fasilitas parkir yang luas, musala, dan toilet yang representatif. Serta gazebo sebagai tempat untuk bersantai, sembari menikmati makanan yang dijajakan di warung milik warga sekitar. Tersedia pula penginapan yang unik berbahan kayu.

Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Sebab lokasi destinasi ini dapat ditempuh dari berbagai kota di Jawa Tengah, seperti Semarang, Solo, atau Purwokerto.

Baca juga: Ragam Sate dari Lima Daerah di Jawa Tengah

Objek Wisata Alam Posong buka setiap hari, mulai pukul 03.30 WIB bagi wisatawan yang ingin berburu sunrise. Sementara jam kunjung terakhir dibatasi hingga pukul 16.00 WIB. Kondisi jalan menuju ke sana masih terjal serta minimnya lampu penerangan.*

 

 

Pos terkait