Curug Cisanca Subang Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Tangkubanparahu

Curug Cisanca Subang
Curug Cisanca Subang. (Source: Pemkab Subang)

TURISIAN.com – Liburan akhir pekan sekarang, Sobat Turisian bisa masukkan kawasan Ciater Subang sebagai list kunjungan. Di daerah ini banyak objek wisata alam yang menarik selain Sari Ater. Salah satunya wisata Curug Cisanca.

Destinasi wisata air terjun ini menyajikan pesona yang indah dengan suasana sekitar yang masih sangat alami. Hingga tak sedikit yang menyebutnya sebagai surga tersembunyi di kaki Gunung Tangkubanparahu. Karena letaknya memang berada di kawasan gunung yang lekat dengan Legenda Sangkuriang tersebut.

Lokasi tepatnya di wilayah selatan Kabupaten Subang Jawa Barat. Terletak di perbatasan Kampung Rontog Desa Cibitung dan Desa Cibeusi Kecamatan Ciater.

Begitu tiba di Curug Cisanca Subang ini, Sobat Turisian akan terpukau dengan keberadaan tiga air terjun dalam satu lokasi sekaligus. Dengan debit air yang berbeda-beda.

Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter. Di bawahnya terdapat kolam jatuhan utama yang bisa menjadi tempat berenang Sobat Turisian. Walaupun tidak terlalu luas, namun kesegaran airnya tak diragukan lagi.

Baca juga: Taman Wisata Alam Capolaga Subang, Sajikan Wahana Lengkap yang Bikin Betah

Bukan hanya itu, Sobat Turisian di objek wisata Curuyg Cisanca Subang ini akan merasa betah dan nyaman dengan sejuknya udara. Tambah lagi sajian pemandangan indah khas pedesaan. Banyak pula spot foto ciamik dan instagenic, cocok buat kalian yang hobi swafoto atau fotografi.

Fasilitas Wisata Curug Cisanca Subang

Di tempat ini juga suidah tersedia fasilitas yang cukup memadai. Seperti musala, toilet, hingga warung jajanan. Bahkan buat Sobat Turisian yang suka camping dan rafting, Curug Cisanca juga menyediakan camping ground dan body rafting.

Selanjutnya terdapat pula saung-saung cantik berbahan kayu di sekitar air terjun. Spot yang cocok bagi Sobat Turisian yang hanya ingin sekadar bersantai dan beristirahat untuk menikmati kesejukan dan keindahan Curug Cisanca.

Menariknya lagi, semua pesona keindahan di destinasi wisata Subang ini bisa Sobat Turisian nikmati dengan hanya membayar biaya tiket masuk yang sangat terjangkau. Harganya cuman Rp10.000 per orang, kemudian Sewa Ban untuk berenang Rp. 5.000, dan tiket camping Curug Cisanca sebesar Rp20.000.

Akses Menuju Curug Cisanca Subang

Akses menuju objek wisata air terjun Subang ini, bisa Sobat Turisian tempuh menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Meski hanya sampai area parkiran saja, lalu berlanjut dengan trekking ke lokasi curug.

Rutenya, Sobat Turisian kalau berangkat dari wisata legendaris, yaitu Gunung Tangkubanparahu. Harus menempuh jarak sekitar 15 kilometer, dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Baca juga: Subang Punya Bukit Pamoyanan yang Menawan, Seperti Negeri di Atas Awan

Sedangkan jika kalian berangkat dari Alun-Alun Subang, untuk menuju Curug Cisanca akan menempuh jarak 26 kilometer. Dengan rute melalui Jalan Cijambe yang memiliki kondisi cukup baik.*

 

Pos terkait