Danau Linting Deli Serdang yang Menawan dengan Airnya yang Panas Alami

Danau Linting Deli Serdang
Danau Linting di Deli Serdang. (Source Disbudpar Sumut)

TURISIAN.com – Objek wisata Danau Linting sangat menarik buat Sobat Turisian kunjungi saat liburan nanti. Danau ini memancarkan pesona yang menawan dan memiliki air panas alami yang cocok banget buat Sobat Turisian relaksasi tubuh.

Danau Linting Deli Serdang ini terbentuk akibat fenomena alam. Merupakan hasil retakan vulkanik bukit yang mengeluarkan air panas. Di balik keindahannya, danau seluas 1 hektar ini terkenal dengan kisah mistisnya. Konon, tidak ada yang tahu berapa kedalaman danau ini.

Saat tiba di lokasi Danau Linting, Sobat Turisian langsung disuguhi pemandangan alam nan asri dan hijau dengan jajaran pohon beringin. Dengan keasriannya ini, jamin akan membuat Sobat Turisian nyaman dan betah di sini.

Sobat Turisian juga akan terbuai dengan udara sejuk saat berada di tepian danau. Karena terdapat pohon-pohon beringin yang besar dan kecil mengitari danau. Lebih nikmat lagi bersantai di sekitar danau sembari menyantap aneka jajanan yang dijual masyarakat setempat.

Baca juga: Nikmati Pesona Air Terjun Pelangi di Deli Serdang dengan Suasana Asri dan Sejuk

Tak hanya keindahan alamnya, keunikan Danau Linting ini memiliki air yang panas dengan suhu kurang lebih 30 derajat celcius. Sobat Turisian bisa berenang atau berendam di air panas alami ini dengan aman. Pas buat relaksasi tubuh yang lelah akibat rutinitas.

Air Panas Danau Linting Deli Serdang

Sumber air panas danau ini berasal dari retakan vulkanik. Berbeda dengan air lainnya, air panas di danau ini tidak memiliki bau belerang yang menyengat. Istimewanya lagi, warna air Danau Linting juga seringkali terlihat berubah-ubah. Biasanya berwarna hijau tosca, biru kehijauan, atau biru.

Tempat wisata Deli Serdang ini memperbolehkan pengunjung untuk berenang di danau. Namun, hanya di tepian danau. Pengunjung tak boleh berenang hingga ke tengah danau. Sebab bagian tengah danau tidak diketahui kedalamannya.

Hal unik lainnya, danau ini juga dapat mengeluarkan uap panas yang baik untuk kesehatan. Uap panas tersebut mampu menyegarkan tubuh dan menyembuhkan gatal-gatal. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berendam di sini.

Jam Buka & Lokasi Danau Linting

Destinasi wisata Sumatera Utara ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Danau ini biasanya akan ramai pada akhir pekan ataupun hari libur nasional. Biaya masuknya pun sangat terjangkau, hanya sekitar Rp.5000,- per orang.

Pilihan waktu terbaik untuk Sobat Turisian berkunjung ke tempat ini, yakni saat pagi hari. Di periode waktu tersebut, Sobat Turisian dapat menikmati segarnya udara di tepian danau.

Baca juga: Rekreasi ke Taman Wisata Merci Barn Deli Serdang Serasa di Negeri Belanda

Lokasi Danau Linting terletak di Desa Sibunga-Bunga, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Sobat Turisian dapat menempuhnya dari Kota Medan sekitar 2 jam setengah.*

Pos terkait