Berkunjung ke Air Terjun Jembong Buleleng, Salah Satu yang Terindah di Bali

Air Terjun Jembong
Air Terjun Jembong, Buleleng, Bali. (Source: Dispar Buleleng)

TURISIAN.com – Berlibur ke Bali tak harus selalu ke pantai, banyak objek wisata alam lainnya yang bisa bikin Sobat Turisian betah dengan pesonanya yang indah. Salah satunya objek wisata Air Terjun Jembong di Kabupaten Buleleng.

Air Terjun Jembong cukup nyaman karena penataan tempatnya cukup rapi. Lokasinya terletak di Dusun Jembong, Desa Ambengan. Berbatasan dengan Desa Gitgit yang juga terkenal dengan wisata air terjunnya.

Begitu tiba di area parkir destinasi wisata Buleleng ini, Sobat Turisian sudah dibuat terkesima. Tampak penataan wisata yang dikelola oleh mesyarakat dusun, namun sangat indah dan tertata rapi. Dari segi kebersihan pun sangat terjaga.

Lanjut ke akses masuk Air Terjun Jembong, Sobat Turisian langsung bisa melihat taman mini yang asri dengan beberapa kolam ikan dan tanaman yang sangat tertata. Terdapat dua jalan menuju air terjun, berupa jalan halus dan jalur tangga, kalian tinggal pilih sesuka hati.

Tetapi jika hari sedang hujan maka jalan tangga menjadi pilihan terbaik. Sebab jalan halus saat hujan terkadang sangatlah licin oleh lumut.

Biasanya untuk menuju sebuah air terjun, Sobat Turisian harus berjalan menuruni lembah atau ke dasar sebuah sungai. Namun akses ke Air Terjun Jembong ini cukup unik, justru Sobat Turisian harus naik ke sebuah bukit untuk mencapai lokasinya.

Kolam Air Terjun Jembong Bali

Meski berada di atas bukit, jalannya tidaklah terlalu jauh, hanya 200 meter dari area parkir. Di beberapa sudut jalur perjalanan, Sobat Turisian akan bertemu dengan beberapa kolam ikan lagi yang indah.

Baca juga: Menanti Pesona Keindahan Mentari Terbit di Danau Tamblingan Buleleng

Salah satu di antaranya, ada kolam bernama Kolam Sefie yang menjadi spot foto ciamik dan instagenik. Sobat Turisian bisa puas berselfie ria di spot ini.

Air terjun dengan dua tingkat ini, memiliki karakteristik air yang jernih, berarus deras, dan bertipe bebatuan. Jadi airnya tidak jatuh langsung ke kolam di bawahnya tapi terbentur bebatuan yang membuatnya lebih mempesona lagi.

Tepat di bawahnya, ada sebuah kolam yang jernih, Sobat Turisian bisa berenang di situ untuk merasakan kesegaran air alaminya. Kedalaman kolam tingkat atas ini sekitar dada orang dewasa. Dengan tinggi air terjunnya sekitar 15 meter.

Kemudian pada air terjun kedua tersedia kolam lebih dangkal yang dibuat sengaja dengan membendung beberapa sudut tepi air terjun. Sisi pinggir kolam yang di bawah juga sangat aman dengan pembatas beton di sekelingnya yang tampak alami.

Fasilitas di Air Terjun Jembong Bali

Selain tertata rapi, objek wisata alam Bali ini juga sudah lengkap dengan fasilitas pendukung. Di antaranya, dua buah rest area berupa gazebo. Tambah 2 toilet yang bisa sekalian tempat bilas serta ganti pakaian. Kondisinya pun sangat bersih, jadi Sobat Turisian akan nyaman menggunakannya.

Baca juga: Songket Beratan, Kain Tradisional Bali yang Unik Asal Buleleng

Jadi dengan semua penataan terbaik di Air Terjun Jembong ini, wisata Sobat Turisian ke tempat ini akan menyenangkan dan nyaman. Tentu saja, sayang jika kalian melewatkan air terjun seindah ini saat berwisata ke Bali.*

Pos terkait