Surga Sunyi di Pantai Teluk Hijau, Masih Alami dengan Air yang Unik

Pantai Teluk Hijau
Pantai Teluk Hijau atau juga dikenal dengan sebutan Green Bay di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Foto: Getty Images/Mujibur Rohman

TURISIAN.com – Jika pilihannya mencari tempat yang sunyi, pantai Teluk Hijau di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur adalah jawabannya.

Bagaimana tidak, pantai ini boleh disebut masih alami dan akses menuju lokasi cukup menantang, sekaligus memberikan pemandangan alam tersendiri.

Kerap juga dikenal sebagai Green Bay, Pantai Teluk Hijau berada dalam kawasan Taman Nasional (TN) Meru Betiri.

Daya tarik destinasi di kawasan tersebut yakni air lautnya yang berwarna hijau. Fenomena ini menjadi keunggulan tersediri. Berbeda dengan air laut pada umumnya yang berwarna biru.

Warna hijau yang muncul berasal dari alga dasar perairannya sehingga memantulkan warna hijau ke permukaan laut.

BACA JUGA: Jelajahi Keseruan di Desa Wisata Osing Kemiren Banyuwangi

“Daya tarik Teluk Hijau itu panorama alamnya. Spesifik lagi adalah warna air lautnya yang hijau. Makanya warga mengenalnya sebagai Teluk Hijau,” kata Seksi Pengendalian Ekosistem Hutan Madya Taman Nasional Meru Betiri Nur Rohmah seperti dikutip Turisian.com dari Kompas, Sabtu 28 Mei 2022.

Pantai Teluk Hijau memiliki pasir putih, sehingga sangat kontras dengan air lautnya yang berwarna hijau. Panorama tersebut menjadi keunikan dari pantai ini.

Bolehkah Wisatawan Berenang di Pantai?

Pantai Teluk Hijau
Sisi lain dari kawasan Pantai Teluk Hijau di Banyuwangi, Jawa Timur: Foto: Getty Images/Ndromorrow

Hanya saja, lanjut Nur Rohmah,  pihaknya melarang wisatawan yang berkunjung ke Pantai Teluk Hijau  untuk berenang.

Alasannya, karena Pantai Teluk Hijau berada pada  kawasan Samudera Indonesia, atau pantai selatan yang terkenal dengan ombak besar.

BACA JUGA: 5 Camilan Khas Banyuwangi, Pas Buat Teman Minum Teh atau Ngopi

Kondisi ini serupa dengan pantai-pantai pada kawasan TN Meru Betiri lainnya, yaitu Pantai Rajegwesi dan Pantai Sukamade.

“Kami tidak mengizinkan wisatawan untuk berenang ke laut. Karena pantai-pantai yang ada pada TN Meru Betiri ini adalah  kawasan Samudera Indonesia. Ppantai selatan yang ombaknya besar jadi kami tidak izinkan untuk berenang,” ujarnya.

Namun demikian, wisatawan masih bisa snorkeling pada tepian pantai untuk menikmati panorama bawah laut. Pengunjung untuk tetap berhati-hati dan waspada selama melakukan kegiatan snorkeling.

“Kalau snorkeling pada pinggir saja tidak sampai ke tengah yang kami lihat masih aman,” katanya.

BACA JUGA: 9 Jajanan Khas Banyuwangi yang Bikin Ngakak Tapi Ngangenin

Selain air laut berwarna hijau, daya tarik pantai ini  adalah batuan karang serta pepohonan alami yang mengelilingi area pantai. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan TN Meru Betiri yang masih alami.

Tips berkunjung ke Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau juga memiliki hamparan pasir putih. Foto: Getty Images/Mohammad Yusuf Ardiansyah

Nur Rohmah memberikan sejumlah tips bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Teluk Hijau, dan TN Meru Betiri secara umum. Pertama, wisatawan harus memastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima.

“Jaga kesehatan, kalau mau berkunjung. Karena namanya alam hutan, harus punya stamina yang kuat dan tangguh,” katanya.

Kedua, kondisi kendaraan dapat digunakan untuk menjelajah hutan. Sebab, ia menuturkan banyak wisatawan yang terpaksa putar balik lantara kendaraannya bermasalah.

BACA JUGA: Takjub, Melihat 1000 Patung Penari di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi

“Jadi, kondisi orangnya harus fit dan prasarana (kendaraan) juga harus benar-benar siap,” katanya.

Ketiga, ia mengimbau wisatawan untuk membawa bekal yang cukup. Meskipun ada sejumlah penjual makanan, ada titik lokasi yang tidak ditemukan pedagang.

Oleh sebab itu, wisatawan harus membawa bekal yang cukup mengingat medan yang akan dilalui juga cukup menantang. Secara administratif, Green Bay berada di Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. ***

Sumber: Kompas.com

Pos terkait