Menikmati Sunset Eksotis Sekaligus Melihat Benda Bersejarah di Watu Layar Rembang

Watu Layar Rembang
Suasanan sunset diWatu Layar Rembang. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian kebetulan sedang melintasi kawasan jalur Rambang, Jawa Tengah menjelang sore, cobalah melipir sebentar ke area Watu Layar di Lasem, Rembang. Saat cuaca cerah, di tempat ini Sobat Turisian bisa menikmati momen sunset yang indah.

Di samping itu, Anda juga bisa mengambil foto-foto dengan latar kapal-kapal sedang berlabuh yang tersorot cahaya senja. Sungguh menakjubkan Sobat Turisian!

Untuk menuju Watu Layar Rembang cukup mudah karena berada di pinggir jalan Pantura. Tepatnya di sekitar wilayah Bonang. Jalur ini berbatasan langsung dengan pantai, sehingga Sobat Turisian bisa sekaligus menikmati pemandangan laut Jawa.

Posisi Watu Layar ini terletak di atas sebuah bukit, makanya Sobat Turisian akan bisa melihat pemandangan lanskap laut yang lebih luas. Namun karena letaknya itu pula, Sobat Turisian juga harus mempersiapkan stamina untuk menuju lokasi.

Baca juga: Melihat dari Dekat Situs Perahu Kuno Punjulharjo Rembang, Berasal dari Abad ke 7

Apabila merasa capek, Sobat Turisian dapat duduk-duduk saja di kursi-kursi kayu yang tersedia di sana, sembari menikmati indahnya alam plus semilirnya angin.

Situs Stupa Kuno di Watu Layar Rembang

Di luar keindahan alamnya, Watu Layar Rembang juga menyimpan benda cagar budaya yang sarat akan nilai historis. Penemuannya masih terbilang baru, yaitu pada tanggal 11 Juni 2020. Benda bersejarah tersebut berupa stupa kuno yang ditemukan oleh tim Jelajah Yayasan Lasem Kota Cagar Budaya (LKCB).

Stupa kuno yang ditemukan area kebun ini, tingginya sekitar 1,5 m dan memiliki gambar timbul yang menyerupai Pura. Menurut anggota LKCB, batu itu bergambar Chattra.

Pihak LKCB akan melaporkan temuan ini ke Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Balai Arkeologi. Di tempat ini pun masih banyak benda peninggalan sejarah yang penting. Mulai dari masa Klasik sampai masa peralihan Hindu-Budha ke Islam di kawasan Bukit Watu Layar, Desa Bonang, Lasem ini.

Bagi Sobat Turisian yang minat ingin berwisata alam sekaligus wisata sejarah. Langsung saja menuju ke Watu Layar Rembang. Tak jauh dari destinasi ini, terdapat pula spot pantai lainnya yang juga memesona, yaitu Pantai Binangun. Dari pantai ini, Sobat Turisian juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam.*

Pos terkait