Menikmati Kesegaran Kolam Alami di Desa Wisata Blue Lagoon Yogyakarta

Blue Lagoon Yogyakarta
Kolam Pemandian di Desa Wisata Blue Lagoon, Sleman, Yogyakarta. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Lagi-lagi Yogyakarta punya destinasi hingga desa wisata yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi. Salah satu desa wisata yang wajib Sobat Turisian datangi ada di Sleman. Namanya Desa Wisata Blue Lagoon Yogyakarta

Di desa wisata ini terdapat daya tarik yang menjadi favorit pengunjung, berupa kolam pemandian dengan mata air alami bawah tanah yang menyegarkan. Pemandian ini bernama Tirta Budi, namun lebih tenar dengan sebutan pemandian Blue Lagoon Yogyakarta

Lokasinya berada di kawasan lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Sebelum menjadi desa wisata, kawasan ini hanyalah desa pada umumnya.

Masyarakat sekitar sudah sejak lama menyadari keberadaan mata air tersebut. Namun karena lokasinya yang berada dalam rimbun pepohonan, maka hanya menjadikannya sebagai sumber air untuk mengaliri lahan sawah.

Baru pada 2014, ada kelompok KKN yang berkunjung ke sana dan menyebarkan foto mata air ke media sosial. Dari situ, mulailah pemandian ini dikenal dan perlahan-lahan wisatawan yang penasaran berdatangan.

Baca juga: Wisata Sejarah Sambil Menanti Sunset yang Indah di Candi Barong Yogyakarta

Kini, objek wisata Jogja ini dikelola oleh BUMDES dengan memberdayakan masyarakat setempat. Seiring semakin banyaknya pengunjung yang datang, maka pemandian pun dipercantik dengan tambahan beragam fasilitas untuk menunjang kebutuhan pengunjung. Usaha masyarakat pun membuahkan hasil hingga menyandang status desa wisata.

Daya Tarik Kolam Pemandian Blue Lagoon Yogyakarta

Pemandian di Desa Wisata Blue Lagoon Yogyakarta memiliki daya tarik khusus. Karena bersumber dari mata air alami yang bisa Sobat Turisian lihat di bawah permukaan air jika datang langsung ke sini. Hebatnya lagi, terhitung ada tiga mata air alami di kawasan ini. Dari bawah air, Sobat Turisian bisa melihat gelembung udara yang menandakan terjadi aliran air dari bawah tanah.

Saat tiba di lokasi, Sobat Turisian akan dimanjakan dengan pemandangan pohon bambu yang hijau dan beningnya air pemandian Blue Lagoon ini.  Makin membuat Sobat Turisian tak tahan untuk segera menceburkan diri ke bawah dan merasakan kesegarannya.

Air bening di pemandian dan bebatuan di bawah permukaan air seakan memantulkan sinar matahari membuatnya makin berkilauan. Kolam pemandian ini pun cukup dalam sehingga Sobat Turisian bisa berenang dan mencoba sensasi melompat dari ketinggian.

Tersedia spot khusus bagi Sobat Turisian yang ingin melompat. Tetapi perlu Sobat Turisian ketahui, kolam utama ini tidak disarankan untuk anak-anak. Pilihan buat anak-anak, pengelola sudah menyediakan kolam kecil di dekat kolam utama.

Baca juga: Berlibur di Yogyakarta, Jangan Lupa Mampir ke Embung Nglanggeran di Kaki Gunung Api Purba

Sobat Turisian yang belum bisa berenag tak usah khawatir karena sudah tersedia pelampung. Selain itu, pengelola menyediakan peralatan renang lengkap yang bisa Sobat Turisian sewa untuk menikmati pemandangan bawah air lebih dekat.

Jangan lupa juga untuk mengabadikan pengalaman underwater Sobat Turisian melalui foto. Lebih cantik lagi foto di dalam air, jamin deh hasilnya sangat instagenik dna eksotik. Ada lagi wahana terapi ikan yang bisa Sobat Turisian nikmati, hanya dengan membayar sekitar Rp.2000.

Fasilitas & Rute ke Desa Wisata Blue Lagoon Yogyakarta

Fasilitas di Blue Lagoon ini pun sudah cukup lengkap, Sobat Turisian bisa menikmati sepuasnya. Antara lain tersedia kolam renang, kamar mandi, musala, tempat parkir, warung makan, hingga gazebo untuk beristirahat.

Untuk menikmati keindahan Pemandian Blue Lagoon Yogyakarta ini, Sobat Turisian mesti beli tiket masuk dengan harga sekitar Rp 10.000,-. Sudah termasuk minuman yang nanti ditukar di dalam objek wisata. Biaya parkir kendaraan Rp 2000,- untuk motor dan Rp 3000,- untuk mobil. Harga yang sangat terjangkau Sobat Turisian!

Tempat wisata Sleman ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Lokasi Pemandian Blue Lagoon ini tak begitu jauh dari pusat Kota Yogyakarta dan akses jalannya sudah mudah beraspal.

Baca juga: Sedapnya Jadah Tempe, Kuliner Yogyakarta yang Sudah Melegenda Sejak 1950

Menuju ke sana, Sobat Turisian bisa mengarahkan perjalanan dri Kota Jogja menuju Jalan Kaliurang. Lalu ikuti terus jalan hingga bertemu pertigaan Besi-Jangkang di KM 13.

Selanjutnya ambil jalan ke kanan hingga bertemu pertigaan Pasar Jangkang. Dari situ belok kanan kurang lebih 100 meter sampai menemukan petunjuk arah menuju pemandian Blue Lagoon Yogyakarta.*

 

Pos terkait