Wisata Sejarah Sambil Menanti Sunset yang Indah di Candi Barong Yogyakarta

Candi Barong Yogyakarta.
Kompleks Candi Barong, Sleman, DI Yogyakarta. (dok. BPCB Yogyakarta)

TURISIAN.com – Berbicara wisata sejarah percandian di Yogyakarta, pasti yang terlintas di pikiran Sobat Turisian yakni Candi Prambanan. Namun di Jogja masih banyak candi menarik lainnya, seperti Candi Barong di Sleman.

Selain keindahan bangunan dan panorama sekitarnya, Candi Barong juga memiliki nilai sejarah tinggi dan tentunya tak boleh Sobat Turisian lewatkan untuk mengunjunginya. Apalagi, wisata sejarah ke tempat ini bisa sekalian menanti sunset yang indah memesona dan eksotis.

Nama Barong sendiri berasal dari adanya ukiran yang berbentuk menyerupai Barong atau Singa. Pada awal penemuannya, kondisi candi bercorak Hindu ini sudah sangat hancur kemudian berhasil pemugaran selama kurang lebih 5 tahun dan selesai pada tahun 1992.

Konstruksi Kompleks Candi Barong

Area kompleks wisata candi ini cukup luas dengan konstruksi candi berupa punden berundak tiga tingkat. Pintu masuknya berada di sebelah barat bangunan. Pada tingkat pertama, Sobat Turisian akan melihat beberapa candi yang berdiri, meski kebanyakan sudah tidak lengkap dan tersisa alasnya saja.

Lanjut ke tingkat dua, terdapat area candi yang terbuka dengan beberapa batuan candi kecil yang berdiri. Di area ini Sobat Turisian seakan dibawa ke pelataran istana megah di masa lalu. Sedangkan di area ketiga tampak dua candi cukup besar dengan ukuran dan tinggi yang sama, yaitu 8,18 x 8,18 meter dan tingginya sekitar 9,05 meter.

Baca juga: 5 Objek Wisata Menarik di Sekitar Candi Prambanan

Saat berada di tingkat dua tersebut, Sobat Turisian jangan melewatkan untuk berfoto di gapura kecil, ujung tangga. Spot ini memberikan kesan sedang memasuki gerbang istana kerajaan. Atap candi berbentuk runcing lengkap dengan hiasan berupa ukiran daun-daun. Serta Ghana yang menjadi tempat untuk memuja Dewa Wisnu dan Dewi Sri yang merupakan dewi kesuburan.

Sunset Indah di Candi Barong

Di samping menawarkan arsitektur bangunan candi yang megah dan indah, panorama sekitarnya pun sungguh memikat mata. Sebab lokasi candi berada di ketinggian 199 mdpl sehingga menyajikan lanskap alam yang memesona. Sekeliling Candi Barong terhampar padang rumput yang hijau dan luas membentang.

Nah, lebih menarik lagi saat memasuki waktu senja, Sobat Turisian bisa menikmati pesona sunset yang eksotis. Segera ambil gambar di gapura dengan latar langit jingga, jamin hasil fotonya menakjubkan. Hal ini pun menjadi pengalaman yang menarik dan berkesan karena candi bisa menjadi alternatif untuk menikmati sunset.

Fasilitas & Akses ke Candi Barong Yogyakarta

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata  Yogyakarta ini sudah cukup lengkap, ada area parkir, toilet, dan gazebo. Untuk masuk ke kompleks Candi Barong Sobat Turisian hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5000 per orang.

Candi Barong berada di Dusun Sambisari, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Dari arah pusat Kota Yogya, Sobat Turisian bisa arahkan perjalanan menuju Jalan Piyungan-Prambanan di sebelah selatan Candi Prambanan.

Baca juga: Piknik Asyik ke Jogja Exotarium – Mini Zoo Sleman, Cocok Buat Liburan Lebaran

Lalu ikuti jalan hingga menemukan palang kereta api. Dari palang kereta api belok kiri dan ikuti jalan hingga ada petunjuk jalan menuju Restoran Abhayagiri. Ikui terus jalan tersebut sampai bertemu Candi Barong.  Kondisi jalan mungkin akan sedikit menanjak namun masih mudah untuk Sobat Turisian akses.*

 

 

 

Sumber: visitingjogja

 

Pos terkait