Menjelajahi Keindahan Dewi Mangrove Sari, Hutan Bakau di Pesisir Utara Brebes

Dewi Mangrove Sari Brebes
Gardu Pandang sebagai ikon utama Dewi Mangrove Sari Brebes. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Dewi Mangrove Sari merupakan salah satu dari sekian banyak wisata hutan bakau di Pantura Jawa. Resmi dibuka sebagai tempat wisata umum pada 2016. Lokasinya berada di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah.

Destinasi wisata di Brebes yang satu ini memiliki keunikan yang menjadi ciri khasnya. Pasalnya sebelum memasuki area wisata utama, Sobat Turisian akan diajak terlebih dahulu menyusuri hamparan air payau yang mengelilingi hutan mangrove. Banyak pengunjung pun akan terkecoh, serasa tengah menyusuri tengah pantai.

Untuk menjelajahi kawasan hutan bakau  ini, Sobat Turisian mesti membayar biaya sekitar Rp25 ribu  saat weekend. Sedangkan pada waktu weekdays hanya sekitar Rp20 ribu per orang. Bagi anak-anak tersedia tiket dengan harga yang lebih terjangkau.

Naik Perahu ke Spot Utama Dewi Mangrove Sari

Sobat Turisian akan menaiki perahu untuk menuju spot utama di tempat wisata Brebes ini. Sebelumnya, harus melewati rute sekitar 5-10 menit ke shelter perahu. Di rute ini juga, Sobat Turisian bisa berjumpa warga sekitar yang menjajakan makanan khas laut dan beberapa olahannya dengan harga jual mulai dari Rp5 ribu saja.

Baca juga: Ragam Wisata Kuliner di Sepanjang Jalur Pantura yang Wajib Kalian Coba  

Saat menaiki perahu dan menyusuri hamparan air payau yang mengeliling hutan mangrove ini, Sobat Turisian bisa menikmati pula keindahan alam sekitar. Terlebih penelusurannya dilakukan di kala senja. Pemandangannya wajib Sobat Turisian abadikan lewat jepretan kamera.

Sekitar 10 menit perjalanan, Sobat Turisian akan tiba di shelter perahu untuk menuju spot utama wisata Dewi Mangrove Sari. Selama di sini, bisa juga menyaksikan ikon wisata berupa Ikan Gelotak. Termasuk salah satu hewan yang hidup di  sekitar tanaman bakau dan sering muncul ke daratan.

Daya Tarik Dewi Mangrove Sari

Begitu Sobat Turisian masuk area wisata utama, akan tampak banyaknya warung masyarakat lokal. Selanjutnya akan melewati jembatan merah muda yang menjadi salah satu satu spot foto cantik di destinasi wisata Brebes ini. Namun masih banyak pula spot foto menarik lainnya.

Tak hanya itu, alunan musik angklung kesenian warga lokal turut memeriahkan suasana. Irama musik ini pun akan membuat Sobat Turisian nyaman berlama-lama menikmati keindahan alam sekitar.

Jika ingin lebih puas menikmati lanskap Dewi Mangrove Sari, Sobat Turisian bisa menaiki gardu pandang setinggi 7 meter. Tak ketinggalan, di gardu ini juga bisa menemukan beberapa spot foto selfie yang ciamik dan instagenik.

Baca juga: Petualangan Seru ke Bontang Mangrove Park Taman Nasional Kutai Kaltim

Kalau sudah puas menjelajahi Dewi Mangrove Sari, Sobat Turisian akan diantar pulang dengan kembali menyusuri lautan air payau dan tidak perlu membayar lagi. Asyiknya perjalanan pulang saat senja, biar Sobat Turisian bisa sekalian menikmati keindahan sunset di tempat ini.*

Pos terkait