Nikmati Manis dan Kenyalnya Jenang Bu Gesti Yogyakarta yang Bikin Ketagihan

Jenang Bu Gesti Yogyakarta
Jenang Bu Gesti Yogyakarta. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Jika Sobat Turisian berkesempatan liburan ke Yogyakarta lagi memakai kereta dan turun di Stasiun Lempuyangan saat pagi hari. Cobalah sarapan dulu dengan kuliner legendaris  Jogja, yakni Jenang Bu Gesti. Lokasinya tak jauh dari stasiun tersebut.

Selain melegenda di Jogja, Jenang Bu Gesti juga digemari kalangan pejabat tinggi. Seperti Sultan Hamengkubuwono X Gubernur DIY, Megawati, bahkan hingga Presiden Kedua RI Soeharto. Makin penasaran kan dengan rasanya Sobat Turisian? Sampai pejabat aja suka lho!

Usaha makanan khas Yogyakarta ini sudah berlangsung secara turun-temurun dari ibu mertuanya yang sudah berjualan jenang sejak tahun 1950. Walaupun sudah berpuluh-puluh tahun, namun Jenang Bu Gesti tetap konsisten dalam menjaga cita rasa khasnya hingga sekarang.

Salah satu kunci terjaganya cita rasa otentik, karena Jenang Bu Gesti tetap mempertahankan tungku tradisonal untuk memasak jenang. Kini, tempat jenang yang satu ini bisa Sobat Turisian kunjungi di sisi selatan Pasar Lempuyangan.

Baca juga: Sedapnya Jadah Tempe, Kuliner Yogyakarta yang Sudah Melegenda Sejak 1950

Tempatnya mudah ditemukan, Sobat Turisian tak perlu bingung mencarinya. Sebab saat memasuki pasar dan menuju ke arah selatan, pasti akan langsung melihat pedagang jenang yang ramai dan antre pembeli.

Aneka Jenis Jenang Bu Gesti Jogja

Di tempat ini tersedia berbagai jenis jenang. Antara lain jenang candil, yaitu jenang yang terbuat dari beras ketan dan gula jawa. Ada juga jenang sum sum yang terbuat dari tepung beras berwarna putih dan cokelat. Lalu jenis jenang mutiara atau monte yang terbuat dari tepung kanji mutiara.

Sobat Turisian bisa memesan jenang sesuai selera. Namun bila binggung atau penasaran dengan rasa semua jenisnya, bisa meminta jenang kombinasi.

Setelah memilih, Bu Gesti akan menyajikan kudapan ini di wadah daun pisang yang disebut dengan pincuk. Bungkus daun pisang tersebut pun menjadi salah satu ciri khas Jenang Bu Gesti. Kemudian jenang akan disiram dengan kuah santan bercampur gula yang rasanya manis-manis gurih. Pas buat menu sarapan Sobat Turisian.

Harga & Jam Buka Jenang Bu Gesti Yogyakarta

Meskipun namanya sudah tenar, Jenang Bu Gesti Lempuyangan tetap mematok harga yang sangat terjangkau. Dengan uang Rp 5000, Sobat Turisian sudah bisa mencicipi satu porsi jenang dengan varian mana saja.

Untuk menikmati kelezatan kuliner tradisional Jogja ini, Sobat Turisian harap bersabar saat membelinya. Karena sudah pasti akan banyak pembeli yang mengantre. Jangan heran jika antrean mengular dari belasan hingga puluhan orang memenuhi lorong pasar hanya untuk membeli jenang satu ini.

Baca juga: Wisata Malam Yogyakarta, Ada Tugu Jogja yang Ikonik dan Instagenik

Apalagi jam bukanya cukup singkat, mulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 10.00 pagi. Tak jarang sebelum jam 10.00, jenang sudah ludes diserbu pembeli.

Sarannya, Sobat Turisian datang lebih awal, terutama jika datang ke sana di waktu weekend. Jamin deh antreannya sangat panjang. Bisa-bisa Sobat Turisian kehabisan kalau datang sedikit siang.*

 

Pos terkait