Benteng VOC Belanda di Jepara, Tempat Wisata Sejarah yang Menyenangkan

Benteng VOC Jepara
Gerbang Benteng VOC Jepara.

TURISIAN.com – Jepara yang terkenal sebagai daerah asal sosok Kartini ini, menyimpan banyak objek wisata sejarah yang menarik Sobat Turisian datangi. Istimewanya, selain objek benteng bersejarah buatan Portugis, ada lagi benteng peninggalan Belanda. Dikenal dengan sebutan Benteng VOC Jepara atau Fort Jepara XVI.

Banyak juga masyarakat sekitar yang menyebutnya dengan Lodji Gunung. Bangunan ini diperkirakan berdiri pada abad 17-18 Masehi, dibangun oleh pemerintahan VOC Belanda. Pembangunannya mengatasnamakan kepentingan penguasa Jepara pada masa itu.

Lokasinya berada di sebuah bukit bernama Bukit Danareja atau Bukit Jepara, dengan ketinggian 35,05 mdpl. Terletak di wilayah Dusun Ujungbatu, Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 500 meter arah utara Alun-Alun Jepara.

Mengutip dari laman kebudayaan.kemdikbud, benteng di Jepara tersebut memiliki denah segitiga dengan tiga bastion di barat daya, timur laut, dan tenggara. Kemudian mempunyai pintu masuk di sisi timur.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Benteng Portugis Jepara yang Menyimpan Nilai Historis

Material bangunan benteng terbuat dari bahan batu karang atau batu gamping terumbu yang berbentuk balok-balok persegi panjang. Berukuran rata-rata 18 x 25 x 30 cm. Balok-balok itu lalu disusun dengan perekat campuran pasir laut, kapur, dan semen merah, serta tidak menggunakan lepa.

Daya Tarik Benteng VOC Jepara

Kawasan Benteng VOC Belanda ini menjadi tempat wisata menarik di Kabupaten Jepara. Selain menyajikan daya tarik bangunan benteng itu sendiri, ada pula kompleks makam kuno yang berisi makam orang-orang Cina dan Belanda di sebelah timur benteng.

Ada lagi spot “Taman Buah Fort Japara” dan “Taman Makam Pahlawan Giri Dharma”. Gerbang masuk kawasan benteng ini pun dibuat cukup megah, bertuliskan “Fort Japara XVI”. Di dalamnya berbentuk taman dengan tanaman hias dan bunga serta pohon jenis palem.

Selanjutnya dari tembok benteng sebelah barat, Sobat Turisian dapat memandang panorama lanskap Teluk Jepara yang memesona. Serta kemegahan stadion Gelora Bumi Kartini yang menjadi kebanggaan masyarakat Jepara.

Tempat wisata Benteng VOC Jepara ini menarik sekali untuk menjadi tujuan rekreasi Sobat Turisian bersama keluarga. Jamin Sobat Turisian akan nyaman karena baik di dalam maupun di luar benteng banyak terdapat taman buatan.

Baca juga: Mengenal Kehidupan Bawah Laut Lewat Kura-Kura Ocean Park Jepara

Bahkan di depan gerbang sebelah kiri terhampar taman buah yang berisi tanaman mangga, belimbing, jambu, bahkan sukun. Wuih semakin menarik untuk Sobat Turisian kunjungi.*

 

 

Sumber & Foto: tic.jepara.go.id

Pos terkait